Ibu Ini Melahirkan Tanpa Menyadari Hamil, Dokter Mengungkap Hal yang mengejutkan

  • Bagikan

Diberitakan bahwa ada seorang ibu yang dinyatakan hamil tetapi proses kehamilan tersebut menjadi perbincangan di masyarakat disebabkan kehamilannya unik.

Banyak pertanyaan timbul di benak publik, bagaimana mungkin seseorang bisa hamil tetapi tidak mengetahui kehamilan tersebut.

Menurutnya yang bersangkutan bahwa dia tidak pernah merasakan tanda-tanda kehamilan sehingga merasa terkejut ketika disampaikan bahwa statusnya dalam kehamilan.

Apa kata dokter?

Dikutip dari kompas, Dokter spesialis obstetri dan ginekologi sekaligus konsultan fertilitas endokrinologi dan reproduksi dari Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, dr Yassin Yanuar Mohammad, SpOG-KFER, menduga, kasus yang terjadi di Cianjur itu sama dengan fenomena yang pernah terjadi di Ciamis, Jawa Barat, pada Januari 2021.

Yassin mengatakan, cryptic pregnancy bukanlah fenomena baru. Dia mengatakan, fenomena itu adalah suatu kondisi ketika seseorang tidak menyadari atau tidak merasa dirinya hamil.

“Cryptic pregnancy itu kondisi ‘merasa tidak hamil’, bukan tidak hamil,” kata Yassin saat dihubungi Kompas.com, Minggu (14/2/2021).

Kasus-kasus tersebut telah beberapa kali ditemukan, seperti yang terjadi di Ciamis pada Januari lalu, dan yang baru-baru ini terjadi di Cianjur.

Akan tetapi, menurut Yassin, kasus Cryptic pregnancy jarang terjadi.

“Faktor risiko cryptic pregnancy belum jelas. Namun hal ini bisa saja terjadi pada yang memiliki siklus haid yang jarang, sehingga merasa bahwa bila tidak haid adalah hal yang wajar, dan ketika hamil tidak menyadarinya,” kata Yassin.

Sumber: http://www.duniaoberita.com/2021/02/ibu-ini-hamil-tanpa-menyadari-dokter.html
  • Bagikan
error: Bedah Nusantara