Curah Hujan Tinggi, Lurah Kotabumi Pasar Himbau Masyarakat Waspada Banjir

  • Bagikan

BNI.id, (Lampung Utara-Lampung) – intensitas curah hujan tinggi awal Januari 2021, Lurah Kotabumi Pasar Hermasyah memberikan himbauan kepada masyarakat agar selalu waspada akan bencana banjir. Minggu (03/01/2021).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut 61 persen wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Musim hujan kali ini diprediksi berlangsung hingga April 2021.

Menurut Deputi Bidang Klimatologi BMKG Herizal dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu, 9 Desember 2020, Anomali iklim La Nina terpantau masih berlangsung di Samudera Pasifik dengan intensitas level moderat. Suhu muka laut Samudera Pasifik bagian tengah daerah Nino 3.4 menunjukkan anomali sebesar -1.4 derajat.

“Perkembangan saat ini menunjukkan intensitas La Nina moderat yang diprediksi akan mencapai puncaknya pada periode Januari hingga Maret 2021, dan kemudian akan melemah pada Mei 2021,”jelasnya dalam keterangan tertulis pada 9 Desember 2020 di Jakarta.

Masyarakat diminta tetap waspada karena curah hujan pada Desember 2020 hingga Januari 2021 tinggi. Curah hujan pada periode tersebut di atas 300 milimeter per bulan.

Dari itu, Untuk mengantisipasi terjadinya banjir di wilayah Lampung Utara, akibat hujan dengan intensitas yang tinggi telah terjadi beberapa hari terakhir di bulan Januari 2021, Lurah Kotabumi Pasar Kec.Kotabumi Kota Hermansyah memberikan himbauan ke Masyarakat.

“Pentingnya Upaya Masyarakat membantu Pemerintah melalui Aparatur Kelurahan Lk/RT untuk mengajak Masyarakatnya Melakukan pencegahan dengan upaya bergotong royong Membersihkan selokan, sampah-sampah yg menyumbat aliran sungai dan Masyarakat selalu dihimbau sadar diri untuk tidak membiasakan membuang sampah di sungai,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan, selaku Lurah sangat mengharapkan Kepada Masyarakat untuk bekerja sama memberikan perhatian yg lebih dalam upaya pencegahan dampak yang akan ditimbulkan oleh musim penghujan dengan intensitas tinggi.

“Masyarakat Kotabumi Pasar harus tetap waspada, sewaktu – waktu banjir bisa saja terjadi walaupun upaya pencegahan telah Kita Lakukan, Surat -Surat penting harus disimpan ditempat yang aman, begitu juga dengan ternak dan kendaraan serta barang-barang yang dianggap penting lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, melalui Website resmi www.bmkg.co.id, prakiraan cuaca wilayah Lampung Utara besok Senin (04/01/2021).

Untuk diketahui, Prediksi BMKG Lampung Utara Senin 04 Januari 2021, pagi hari pukul 07:00 wib diprediksi berawan sampai pukul 10:00 Wib dengan suhu 24°C sampai 29°C dan kelembaban udara 100% di pukul 07:00 Wit dan 75% di pukul 10:00 Wib.

Hujan sedang terjadi pada pukul 13:00 Wib, Suhu udara berkisar 32 ° C dan kelembaban beserkisar 65%, namun hujan lebat disertai petir diprediksi terjadi pada pukul 16:00 Wib Suhu berkisar 27°C dan kelembaban berkisar 90%.

Pada malam hari pukul 19:00 sampai 22:00 Wib di prediksi masih akan hujan dengan intensitas hujan ringan sampai sedang, suhu berkisar 24°C – 26° C dan kelembaban udara 90%.
(Rosadi/05)

Editor : AR Tjereni

  • Bagikan
error: Bedah Nusantara