Potret Kegiatan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Triwulan III

  • Bagikan

BNI.id, (Manado – Sulut) – Potret Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam kurun waktu Juli, Agustus dan September tahun 2020 dapat dilihat di bawah ini, Rabu (30/12/2020).

VISI SULAWESI UTARA 2016-2021
“Terwujudnya Sulawesi Utara Yang Berdikari Dalam Ekonomi, Berdaulat Dalam Politik Serta Berkepribadian dalam Budaya”

MISI SULAWESI UTARA 2016-2021
1. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan memperkuat sektor pertanian dan sumberdaya kemaritiman, serta mendorong sektor industry dan jasa;
2. Memantapkan pembangunan sumberdaya manusia yang berkepribadian dan berdaya saing;
3. Mewujudkan Sulawesi Utara sebagai destinasi investasi dan pariwisata yang berdaya saing;
4. Mewujudkan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang tinggi, maju dan mandiri;
5. Memantapkan pembangunan insfrastuktur berlandaskan prinsip pembangunan berkelanjutan;
6. Mewujudkan Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang Indonesia di kawasan timur;
7. Mewujudkan Sulawesi Utara yang berkepribadian melalui tata kelola pemerintahan yang baik.
Menjelang Tahun Kelima Kepemimpinan Olly Dondokambey, SE dan Drs. Steven O.E. Kandouw sebagai Gubernur Sulut dan Wakil Gubernur Sulut perubahan Provinsi Sulawesi Utara dari tahun-ketahun semakin hebat.

Terobosan-Terobosan terus dihadirkan dalam peningkatan kesejahteraan disegala bidang khususnya di Tahun 2020 yang hampir sepanjang Tahun dalam masa Pandemi Corona Virus Disease-2019 (Covid-19).

1 Juli 2020 ; Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw bersama Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa dan jajaran Forkopimda lainnya mengikuti upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-74 secara virtual di Ruang Tribrata Polda Sulut yang dipimpin Presiden Joko Widodo dari Istana Negara Jakarta.

2 Juli 2020 ; Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw menghadiri Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penanganan Covid-19 di Kabupaten Minahasa Tenggara. Wagub Kandouw, menegaskan bahwa ketaatan warga melakukan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas ekonomi menjadi kunci sukses berjalannya adaptasi kehidupan baru masyarakat produktif dan aman Covid-19 seperti yang diatur dalam Pergub Sulut No 44 tahun 2020.

3 Juli 2020 ; Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw meresmikan pasar murah dirangkaikan dengan penyaluran bantuan sosial bagi warga dan Industri Kecil Menengah (IKM) yang terdampak Covid-19 di Desa Tandengan, Kabupaten Minahasa.

6 Juli 2020 ; Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyiapkan program padat karya senilai Rp 20 miliar bagi masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat dampak pandemi Covid-19 di Sulut. Olly mengatakan kapan berakhirnya pandemi tak dapat diprediksi siapapun, kendati demikian aktivitas masyarakat termasuk lewat program padat karya harus tetap berjalan dengan mematuhi protokol kesehatan.

7 Juli 2020 ; Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw melaunching Kios UMKM Sulut, Aplikasi Klik Kios, Antar Jo dan program penanganan dampak ekonomi akibat Covid-19 bagi UMKM di Gedung PLUT-KUMKM. Program strategis ini dapat dimanfaatkan masyarakat dengan membeli produk UMKM baik secara offline dan online dengan semangat Bangga Buatan Sulawesi Utara sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulut.

Di 7 Juli 2020 juga, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey melakukan kunjungan kerja ke SMK Negeri 1 Amurang di Kabupaten Minahasa Selatan. Kunker ke Minsel dalam rangka meresmikan sekaligus menandatangani prasasti sarana prasarana bidang pendidikan hasil pelaksanaan DAK fisik tahun anggaran 2019 senilai Rp. 16.995.714.400 yang tersebar di SMA/SMK/SLB se Minsel dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengajak para mahasiswa Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara berani bermimpi besar untuk meraih masa depan yang gilang gemilang. Itu disampaikan Olly saat meninjau sekaligus memberikan motivasi kepada para mahasiswa di kampus yang berlokasi di Kabupaten Minahasa Selatan.

8 Juli 2020 ; Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyerahkan secara simbolis 1.400 sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada eks transmigran di Bitung.
Kegiatan ini turut dihadiri Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri dan Kakanwil BPN Sulut Fredi Kolintama.

9 Juli 2020 ; Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri pencanangan Kampung Tangguh Nusantara (KTN) dan Bakti Sosial Forkopimda Sulut bagi masyarakat terdampak Covid-19 di Desa Kanonang Satu, Kabupaten Minahasa.
Dalam pencanangan KTN nampak hadir, jajaran Forkopimda, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw dan Bupati Minahasa Royke Roring.

10 Juli 2020 ; Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw membuka kegiatan Sulut Berdoa secara online di Manado. Sulut Berdoa merupakan doa bersama dari rumah masing masing, doa untuk Bangsa Indonesia khususnya Sulut dalam menangani Pandemi Covid-19 yang digelar Pemprov Sulut bekerjasama dengan Badan Musyawarah Antar Gereja, Lembaga Kerohanian Kristen, Pelayanan Siswa Kristen, Pelayanan Mahasiswa Kristen san Jaringan Tim Evang Sulut.

10 Juli 2020 ; Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen  menghadiri rapat virtual tindak lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) di Kantor Gubernur.
Dalam rapat online nampak hadir Kepala Perwakilan BPK RI Sulut Karyadi beserta jajaran dan para Kepala Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemprov Sulut.

13 Juli 2020 ; Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen memimpin rapat pimpinan evaluasi dan pengawasan realisasi anggaran dan program/kegiatan APBD dan APBN Perangkat Daerah (PD) Pemprov Sulut di Ruang F.J. Tumbelaka Kantor Gubernur.

14 Juli 2020 ; Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen membuka kegiatan sosialisasi pelaksanaan PBJ di masa pandemi covid 19 secara virtual di Kantor Gubernur. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw berkomitmen mewujudkan proses Pengadaan Barang Jasa (PBJ) yang berkualitas, profesional agar terhindar dari masalah hukum. Proses PBJ di Provinsi Sulut harus memperhatikan semua rambu-rambu dan aturan hukum yang berlaku.

15 Juli 2020 ; Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bersama seluruh gubernur se Indonesia mengikuti rapat yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor. Pertemuan tersebut digelar untuk membahas percepatan realisasi APBD tahun anggaran 2020.

15 Juli 2020 juga, Sekdaprov Silangen mengikuti rapat koordinasi lewat video conference bersama KPK dan Bank SulutGo di Kantor Gubernur. Pada kesempatan itu, Silangen mengapresiasi upaya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI memperkuat pencegahan korupsi dalam pengelolaan Bank Pembangunan Daerah (BPD) untuk mengoptimalkan pendapatan daerah melalui peningkatan peran Bank SulutGo.

Dan 15 Juli 2020 ; Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo  meminta seluruh kepala daerah melaksanakan manajemen krisis. Permintaan ini disampaikan Presiden Jokowi di hadapan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan para gubernur se Indonesia, saat rapat percepatan penyerapan APBD tahun 2020 di Istana Kepresidenan Bogor.

16 Juli 2020 ; Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri rapat koordinasi kesiapan Pilkada Serentak tahun 2020 dan pengarahan Gugus Tugas Covid-19 yang dipimpin Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian di Ruang Mapalus Kantor Gubernur. Pada kesempatan itu, di hadapan Mendagri, Gubernur Olly menjelaskan kesiapan Sulut menyediakan anggaran Pilkada serentak 9 Desember 2020.

17 Juli 2020 ; Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey beserta istri tercinta Ketua TP PKK Rita Tamuntuan dinobatkan sebagai Ayah dan Bunda Genre Sulut oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulut di Gedung SLA Tompaso, Kabupaten Minahasa. Pada kesempatan itu, Gubernur Olly mengapresiasi program Genre (Generasi Berencana) di Sulut dan berharap menjadi contoh bagi daerah lainnya.

Di 17 Juli 2020 juga, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey meletakan batu pertama pembangunan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Likupang di Desa Kinunang, Kabupaten Minahasa Utara. Pada kesempatan itu, Gubernur Olly menerangkan bahwa pembangunan Sarhunta KSPN Manado-Likupang sebagai bukti dukungan pemerintah pusat dalam membangun sektor pariwisata Sulut.

19 Juli 2020 ; Ketua TP PKK Sulut Ibu Rita Dondokambey-Tamuntuan yang juga istri Gubernur Olly Dondokambey mendampingi Ketua Umum TP PKK Ny. Tri Tito Karnavian yang juga istri Mendagri Tito Karnavian menyalurkan bantuan dari OASE untuk dua Rumah Sakit yaitu, RS Pancaran Kasih dan RS Siti Maryam Manado. Adapun Setiap RS mendapatkan bantuan 300 baju APD, 100 boks masker dan 24 sabun cuci tangan.

20 Juli 2020 ; Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bersama istri tercinta Ketua TP PKK Sulut Ibu Rita Tamuntuan melakukan kunjungan kerja ke Kota Kotamobagu dan Kabupaten Bolaang Mongondow. Di Kotamobagu, Gubernur Olly dan Ibu Rita mencanangkan gerakan mari jo bakobong, melakukan panen bawang dan mensosialisasikan Pergub Sulut No. 44 tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman (AKB M2PA) Covid-19.

21 Juli 2020 ; Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri talkshow online Ngobrol Asik Petani Masa Kini dari kediamannya di Desa Kolongan, Kabupaten Minahasa Utara. Talkshow online diikuti Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulut Arbonas Hutabarat dan para petani milenial Sulut. Pada kesempatan itu, Gubernur Olly mengatakan talkshow tersebut menjadi motivasi bagi seluruh generasi milenial dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di masa Covid-19.

Di 21 Juli 2020 juga, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw terus berupaya meningkatkan investasi di Sulut. Terbukti, Gubernur Olly  Dondokambey didampingi Sekdaprov Edwin Silangen menerima kunjungan dari IJB Net di Kantor Gubernur. Diketahui, IJB Net adalah diaspora Indonesia di Jepang, sahabat-sahabat Jepang pecinta Indonesia dan juga insan Indonesia lainnya yang berpartisipasi membantu ekspor dan pengembangan produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar Jepang serta mengadopsi teknologi dan impor produk Jepang yang belum ada di Indonesia, juga membantu kolaborasi antar perusahaan kedua negara.

22 Juli 2020 – Bertempat di Ruang F.J. Tumbelaka Kantor Gubenur Sulawesi Utara, Gubernur Olly Dondokambey didampingi Sekdaprov Edwin Silangen melantik sekaligus melakukan pengambilan sumpah kepada 7 pejabat eselon 2 atau jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkup Pemprov Sulut. Pelantikan ini digelar berdasarkan rekomendasi KASN dan Mendagri.

Di 22 Juli 2020 juga, Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen memimpin Rapat Evaluasi PMPRB (Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi), Korsupgah (Koordinasi dan Supervisi Pencegahan), ZIWBK (Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi) yang dirangkaikan dengan Sosialisasi SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) di Ruang WOC Kantor Gubernur.

23 Juli 2020 ; Indeks pembangunan manusia (IPM) di Provinsi Sulawesi Utara tahun 2019 mengalami kemajuan dibandingkan tahun 2018. Pada tahun 2019, IPM Sulut mencapai 72,99 dengan kategori tinggi. Angka ini meningkat sebesar 0,79 poin atau tumbuh sekitar 1,09 persen dibandingkan tahun 2018.
Pencapaian ini menjadi bukti keberhasilan Pemprov Sulut dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw meningkatkan pembangunan manusia di Sulut.

Di 23 Juli 2020 juga, Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen memimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI dan HUT ke-56 Provinsi Sulut di Ruang F.J. Tumbelaka, Kantor Gubernur. Dalam rapat nampak hadir Ketua Panitia yaitu Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Gemmy Kawatu, Sekretaris Umum Panitia yang juga Kepala Biro Umum Clay June Dondokambey, Kepala Biro Organisasi Christodarma Sondakh, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Dantje Lantang serta para pejabat eselon III dan IV dari PD terkait.

Dan 23 Juli 2020 juga, Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Utara Ibu Rita Dondokambey-Tamuntuan yang juga istri tercinta Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyerahkan bantuan “Program Peningkatan Peran Perempuan” untuk Kelompok Perempuan Desa di Kabupaten Minahasa Tenggara dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.
Bantuan tersebut terdiri dari paket wadah makanan dan juga peralatan catering berupa 9 panstove.

24 Juli 2020; Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2020 yang mengusung tema ‘anak terlindungi, Indonesia maju, Sulut hebat’ Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Utara Ibu Rita Dondokambey-Tamuntuan bersama Kadis Sosial Sulut Rinny Tamuntuan mengunjungi anak-anak penderita kanker di Klinik Kanker Estella, RSUP Prof R D Kandou Manado.

Di 24 Juli 2020 juga, Sulawesi Utara mencatatkan prestasi sebagai salah satu provinsi terbaik di Indonesia, pada pelaksanaan Pelayanan KB Sejuta Akseptor secara serentak di seluruh Indonesia yang diselenggarakan pada 29 Juni lalu. Kegiatan Pelayanan KB yang dilaksanakan dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27, berhasil meraih Museum Rekor Indonesia (MuRI). Atas keberhasilan ini, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memberikan penghargaan kepada Pemprov Sulut dan daerah lainnya di Indonesia yang turut serta pada pelaksanaan Pelayanan KB Sejuta Akseptor. Penghargaan diserahkan secara langsung Kepala Perwakilan BKKBN Sulut Diano Dino Tandaju, dan diterima oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey di Kantor Gubernur.

Dan 24 Juli 2020 juga, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey fokus menjaga ketahanan di daerahnya di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu, Gubernur Olly mencanangkan gerakan percepatan olah tanah dan penanaman padi serta pencanangan pemanfaatan lahan terlantar dan penanaman tanaman pangan di Kabupaten Minahasa.

25 Juli 2020 ; Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey membuka secara resmi Musyawarah Daerah ke-7 Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulut di Manado. Dalam pembukaan musda MUI nampak hadir, Wasekjen MUI KH.Misbahul Ulum, Ketum MUI Sulut KH. Abdul Wahab Abdul Gafur, LC, Ketua MUI Kabupaten dan kota se Sulut dan Rektor IAIN Manado Delmus Puneri Salim. Pada kesempatan itu, Gubernur Olly mengapresiasi pelaksanaan musda MUI. Ia optimis kegiatan berlangsung lancar dan sukses.

27 Juli 2020 ; Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey melakukan kunjungan kerja ke Kota Tomohon. Kunker di Tomohon dalam rangka menghadiri acara peletakan batu pembangunan bak air untuk pertanian, serta penyerahan bibit dan pupuk jagung manis kepada petani di Perkebunan Wawo. Pada kesempatan itu, Gubernur Olly menerangkan bahwa agenda tersebut untuk memperkuat sektor pertanian di tengah pandemi Covid-19.

29 Juli 2020 ; Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 secara virtual di Kantor Gubernur Sulut. Rapat online yang dipimpin Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori turut dihadiri Wamen Parekraf Angela Tanoesoedibjo, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Karo Umum Pemprov Sulut, Clay Dondokambey, Karo Adpim Dantje Lantang dan perwakilan Kodam XIII/Merdeka

Di 29 Juli juga, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri ibadah syukur HUT ke-21 GMIM Nafiri Tempang dirangkaikan penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 di Kecamatan Langowan Utara, Kabupaten Minahasa. Pada kesempatan itu, Gubernur Olly mengapresiasi pelaksanaan program TMMD di wilayah Kodim 1302 Minahasa.

30 Juli 2020 ; Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey menyalurkan sapi kurban dari Pemprov Sulut untuk seluruh umat Muslim di kabupaten dan kota se Sulut. Kabupaten kota yang ada di Sulawesi Utara semua mendapatkan bantuan, kurang lebih ada 210 ekor sapi yang kita salurkan dalam rangka hari raya kurban.

Di 30 Juli 2020 juga, Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen memimpin Rakor Persiapan Pelaksanaan Peringatan HUT ke-75 kemerdekaan RI secara virtual bersama Pemerintah Kabupaten dan Kota se Sulut.

Dan terakhir di 30 Juli 2020 juga, Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Utara Ibu Rita Dondokambey-Tamuntuan menyerahkan Bantuan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga berupa peralatan catering terdiri dari 9 panstove di Kabupaten Minahasa dan Kota Tomohon, Kamis. Ny.Rita berpesan agar bantuan tersebut dapat memberi manfaat positif dalam perkembangan anggota PKK.

31 Juli 2020 ; Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri sholat Idul Adha 1441 Hijriah di Masjid Raya Ahmad Yani Manado. Sholat Idul Adha 1441 H turut dihadiri perwakilan Forkopimda, Kanwil Kemenag, PHBI dan pimpinan forum organisasi keagamaan Islam. Pada kesempatan itu, Gubernur Olly mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 H kepada seluruh umat muslim di Sulut.

Di 31 Juli 2020 juga, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey didampingi Sekdaprov Edwin Silangen dan Kadisnakertrans Erny Tumundo menyerahkan santunan jaminan kematian program Perlindungan Pekerja Sosial Keagamaan (Perkasa) bagi 19 ahli waris pekerja sosial lintas keagamaan di Lobi Kantor Gubernur.

2 Agustus 2020 ; Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri ibadah syukur HUT ke-157 dan pentahbisan gedung pastori 3 jemaat GMIM Baithel Tanggari di Kabupaten Minahasa Utara. Pada kesempatan itu, Gubernur Olly mengajak seluruh jemaat mensyukuri penyertaan Tuhan di masa pandemi Covid-19 hingga mampu menjalani 157 tahun usia pelayanan.

3 Agustus 2020 ; Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen mengimbau seluruh Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemprov Sulut agar satu garis visi mendukung semua program Pemprov Sulut dan mensosialisasikan lewat media sosial kepada masyarakat Sulut.

“Saya menegaskan bahwa menjadi kewajiban kepada kita semua untuk melakukan publikasi, sosialisasi dan edukasi tentang semua bidang, tentang kegiatan-kegiatan melalui akun resmi atau akun pribadi,” kata Sekdaprov Silangen saat memimpin rapat koordinasi optimalisasi publikasi kegiatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara secara virtual di Kantor Gubernur.

4 Agustus 2020 ; Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen yang juga Ketua Dewan Pengurus Korpri Sulut menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa kebutuhan pokok tanggap darurat senilai Rp 60 juta bagi korban bencana banjir di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow. Bantuan yang dikumpulkan dari seluruh anggota Korpri Sulut ini diserahkan Sekdaprov Silangen kepada Kepala BPBD Sulut Joy Oroh di Manado.

Di 4 Agustus 2020 juga, Peringatan dini cuaca Provinsi Sulawesi Utara yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulut pada Selasa (4/8/2020) menerangkan potensi hujan sedang hingga lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Manado, Bitung, Kotamobagu, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolmong, Bolmong Timur, Bolmong Selatan, Bolmong Utara dan Talaud. Karenanya, Gubernur Olly Dondokambey diwakili Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw mengimbau masyarakat agar waspada guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akibat tingginya curah hujan.

5 Agustus 2020 ; Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw bersama Direktur Hubungan Antar lembaga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kartika Candra Negara menyalurkan 2.500 paket Balasa (Bahan Pokok Lauk Pauk Siap Saji) dari Kemenparekraf kepada pelaku parekraf yang terdampak pandemi Covid-19 di Lobi Kantor Gubernur.
Dalam penyaluran Balasa nampak hadir Sekdaprov Edwin Silangen, Kadis Pariwisata Henry Kaitjily dan perwakilan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif Sulut yang menerima paket Balasa.

Di 5 Agustus 2020 juga, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw menyalurkan bantuan bahan pokok, kemasan dan peralatan kepada Industri Kecil Menengah (IKM) yang terdampak pandemi Covid-19 di Kota Tomohon. Kegiatan ini turut dirangkaikan dengan operasi pasar murah bahan pokok bersubsidi yang menjual 600 paket bapok untuk masyarakat Tomohon.

6 Agustus 2020 ; Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw menghadiri peluncuran Kemitraan Bupati/Walikota Pesisir dalam rangka Pencapaian TPB-14 melalui video conference di Kantor Gubernur. Wagub Kandouw mengapresiasi pemerintah pusat yang memilih Sulut menjadi pilot project Kemitraan Bupati/Walikota Pesisir dalam rangka Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 14 (TPB-14).

Di 6 Agustus 2020 juga, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyambangi Menteri ESDM Arifin Tasrif di Jakarta. Pertemuan ini untuk konsultasi soal Undang-Undang Minerba yang baru yang berlaku di seluruh Indonesia dan rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung di Danau Tondano.

7 Agustus 2020 ; Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw mencanangkan pembukaan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI dan HUT ke-56 Provinsi Sulut di Lapangan Kantor Gubernur. Pencanangan kegiatan itu ditandai dengan pelepasan puluhan burung merpati oleh Wagub Kandouw, Wakil Ketua TP PKK Sulut Kartika Devi Kandouw-Tanos, jajaran Forkopimda dan Sekdaprov Edwin Silangen.

10 Agustus 2020 ; Hal ini disampaikan Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen membuka pertemuan virtual forum komunikasi pemangku kepentingan utama provinsi Sulut di Kantor Gubernur. Sekdaprov Silangen mengatakan bahwa dalam rangka optimalisasi Program JKN-KIS di Provinsi Sulawesi Utara, pemerintah daerah mendukung penuh kegiatan forum komunikasi pemangku kepentingan utama yang digelar BPJS Kesehatan Cabang Manado.

Di 10 Agustus 2020 juga, Sektor pertanian dan perkebunan terbukti tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19. Karena itu, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dalam rangka mendorong gerakan ‘Mari Jo Bakobong’ melalui penanaman bawang merah dan panen kacang merah serta menyalurkan bansos kepada masyarakat yang terdampak Covid- 19 di Boltim.

Dan 10 Agustus 2020 juga, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bersama istri tercinta Ketua TP PKK Sulut, Ibu Rita Dondokambey-Tamuntuan mengikuti rapat koordinasi secara virtual terkait sosialisasi penggunaan masker, cuci tangan serta jaga jarak untuk perubahan perilaku baru masa pandemi Covid-19 dan pencapaian target realisasi APBD Tahun 2020 di Jakarta. Rakor virtual dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, TP PKK Pusat dan para kepala daerah se Indonesia.

11 Agustus 2020 ; Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw mengatakan bahwa penangulangan kemiskinan harus dilakukan secara holistik dengan terus menguatkan koordinasi, kapasitas kerja lintas sektor dalam aktualisasi dan realisasi percepatan penanggulangan kemiskinan. Hal itu disampaikan Wagub Kandouw saat membuka rapat koordinasi dan evaluasi tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah provinsi dan kabupaten/kota se Sulut di Kantor Gubernur, Selasa (11/8/2020).

Di 11 Agustus 2020 juga, Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen menghadiri pengukuhan pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sulut masa bakti tahun 2019-2024 yang diketuai Ivone Silangen-Lombok di Ruang Mapalus Kantor Gubernur.

12 Agustus 2020 ; Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen menghadiri kegiatan sosialisasi Permendagri No. 64 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2021 serta Bimtek Sistem Informasi Pemerintah Daerah sesuai Permendagri No. 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah di Kantor Gubernur. Dalam kegiatan yang digelar secara virtual ini turut dihadiri Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri Mochamad Ardian Noervianto dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut.

Di 12 Agustus 2020 juga, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw meraih juara 1 dalam penghargaan Paritrana Award 2019 tingkat provinsi secara nasional yang digelar secara virtual oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK)
Penghargaan ini diserahkan secara simbolis oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin kepada Pemprov Sulut sebagai pemenang dari kategori pemerintah provinsi.

Dan 12 Agustus 2020 juga, Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Utara, Ibu Rita Dondokambey-Tamuntuan yang juga istri tercinta Gubernur Olly Dondokambey menyerahkan bantuan “Program Peningkatan Peran Perempuan” untuk Kelompok PKK Desa di Kabupaten Minahasa Utara. Kelompok PKK Desa yang menerima bantuan berupa peralatan catering terdiri dari 9 panstove yaitu di Desa Treman, Desa Wasian, Desa Pinili dan Kelurahan Airmadidi Bawah.

13 Agustus 2020 ; Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey meletakan batu pertama taman wisata budaya waruga di lokasi pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan, Kabupaten Minahasa Utara.
Dalam peletakan batu pertama taman wisata budaya waruga nampak hadir Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi, Bastari, para pejabat di lingkup Pemprov Sulut, Hukum Tua Desa Kuwil dan Desa Kawangkoan.

Di 13 Agustus 2020 juga, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri rapat paripurna penyampaian Kebijakan Umum APBD (KUA) – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Provinsi Sulut TA 2021 di Kantor DPRD Sulut. Dalam rapat paripurna nampak hadir jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut.

13 Agustus 2020 juga, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri topping off RSUD Provinsi Sulut di Manado.
Topping Off adalah suatu proses yang menandakan bahwa kegiatan konstruksi telah memasuki tahap finishing. Acara topping off RSUD Provinsi Sulut turut dihadiri Ketua TP PKK Sulut Ibu Rita Dondokambey-Tamuntuan, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Sekdaprov Edwin Silangen, General Manager PT PP (Persero) Tbk Yudi Setiawan dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut.

Dan 13 Agustus 2020 juga, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Sulut Tahun 2020 di Kantor Gubernur. Pengukuhan Paskibraka turut dihadiri Sekdaprov Edwin Silangen, Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Gemmy Kawatu dan Kadispora Marsel Sendoh.

14 Agustus 2020 ; Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey saat menghadiri acara topping off atau tutup atap pembangunan Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sulut meminta pihak kontraktor dapat menyelesaikan proyek tersebut tepat waktu. Dalam kegiatan topping off RS Mata nampak hadir jajaran Forkopimda, Sekdaprov Edwin Silangen, para pejabat di lingkup Pemprov Sulut dan GM PT Hutama Karya Puji Nur Utomo.

14 Agustus 2020, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw bersama pimpinan dan anggota DPRD Sulut nonton bareng pidato kenegaraan Presiden RI, Joko Widodo dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada Sidang Tahunan (ST) MPR dari giant screen di Gedung DPRD Sulut.

15 Agustus 2020 ; Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey meletakkan batu pertama pembangunan Menara Masjid Raya Ahmad Yani Manado.
Dalam sambutannya, Gubernur Olly mengajak umat muslim bersyukur atas dimulainya pembangunan menara masjid.

Di 15 Agustus 2020 juga, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengajak wisudawan dan wisudawati Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng (STFSP) untuk terlibat aktif dalam pembangunan daerah di berbagai bidang.
Hal itu disampaikan Gubernur Olly saat menghadiri wisuda sarjana STFSP di Kabupaten Minahasa.

16 Agustus 2020 ; Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri ibadah syukur HUT ke-73 Jemaat GMIM Bethesda Ranotana Manado. Pada kesempatan itu, Gubernur Olly menyampaikan atas nama Pemerintah Prov Sulut bersama seluruh rakyat mengucapkan selamat merayakan HUT ke-73 bagi Jemaat GMIM Bethesda Ranotana, mudah-mudahan apa rencana-rencana kedepan bagi jemaat GMIM Bethesda selalu Tuhan menyertai.

16 Agustus 2020 juga, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw bersama jajaran Forkopimda mengikuti jalannya apel kehormatan dan renungan suci untuk mengenang jasa para pahlawan dalam rangkaian memperingati HUT ke-75 RI di Sulut. Apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) yang dimulai tepat pukul 24.00 Wita berlangsung khidmat.

17 Agustus 2020 ; Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menjadi Inspektur Upacara (Irup) HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Lapangan Kantor Gubernur. Usai upacara Gubernur Olly menerima piagam penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) atas prestasi Pemprov Sulut dengan capaian response rate tertinggi ketiga nasional dalam Sensus Penduduk Online (SPO) tahun 2020 yang digelar pada tanggal 5 Februari hingga 29 Mei 2020 lalu.

17 Agustus 2020 juga, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey tampak mengenakan pakaian adat Minahasa bersama Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw mengikuti upacara detik-detik Proklamasi diistana merdeka secara virtual dari Rudis Gubernuran Bumi Beringin.
Hadir juga jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw dan Sekdaprov Edwin Silangen.

Masih 17 Agustus 2020, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bersama Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw dan jajaran Forkopimda mengikuti prosesi upacara virtual penurunan bendera merah putih dalam rangka HUT ke-75 RI yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka.
Dalam upacara yang diikuti dari Rudis Gubernuran Bumi Beringin Manado ini turut dihadiri Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw dan Sekdaprov Edwin Silangen.

17 Agustus 2020 juga, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw menyerahkan remisi HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Rumah Dinas Gubernuran Bumi Beringin. Secara simbolis, Wagub Kandouw menyerahkan SK pemberian remisi kepada 2 perwakilan warga binaan Lapas yaitu Charlos Lumanauw Bin Ayurin Lalu dan Mervil Tampi Bin Jeni Tampi yang disaksikan secara virtual oleh Menkumham Republik Indonesia Yasonna Laoly.

Dan terakhir 17 Agustus 2020 juga, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey secara simbolis menyerahkan bantuan tersebut kepada Ketua LVRI Sulut Kolonel (Purn) Boyke Kambey usai upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Lapangan Kantor Gubernur. Pemprov Sulut melalui Biro Kesejahteraan Rakyat memberikan bantuan dana kepada anggota Legiun Veteran Republik Indonesia. (Theresia/Masye Abast/05)

Editor : AR Tjereni

  • Bagikan
error: Bedah Nusantara