Puskesmas Kuamang Kuning X Kab. Muara Bungo Bersama NST Lakukan Sosialisasi TOGA

  • Bagikan

BNi.id, (Muara Bungo – Jambi) – Puskesmas Kuamang Kuning x Kab.Muara Bungo Jambi bersama Nusantara Sehat Team (NTS) Lakukan Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (Toga) dalam bentuk jamu sebagai Inomodulator minuman di masa Pandemi Covid-19, yang bertempat di aula balai Desa Mulya Bhakti, Selasa (29/12/20).

Kegiatan Sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan informasi tentang pemanfaatan tanaman obat keluarga ( TOGA) oleh tenaga farmasi nusantara sehat team “Bugar Dengan Jamu” karena diperlukan adanya alternatif pengobatan yang dapat dilakukan secara mandiri untuk dapat menciptakan lingkungan dan masyarakat yang sehat.

Dari pantauan awak media BNI.id, acara tersebut di ikuti oleh PKK, Pokja 3 (kelompok kerja), katua Dawis (Dasa wisma) dan bude jamu tersebut dimulai hari pukul 09.00 WIB tersebut diawali dengan pemaparan materi oleh Winda Sari, Amd.Farm, NS. Yohanes Suni, S.Kep, dan Dedy Sartoni, Am.KL yang merupakan Tim NST dari Kementerian kesehatan RI.

Ia, mengatakan bahwa masyarakat harus selalu sadar dalam untuk menjaga lingkuangan serta kesehatan melalui tanaman obat keluarga (TOGA).

Menurut Winda, tanaman obat keluarga ( TOGA) juga memicu usaha kecil dan menengah di bidang obat – obatan herbal sekalipun dilakukan secara indivual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkan nya sehingga terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.

Winda juga berharap kegiatan tersebut dapat memberikan kontribusi besar bagi masyarakat untuk tetap memanfaatkan dan menjaga atau merawat toga-toga di tiap dawis (dasa wisma).

“Kami berharap dari kegiatan ini masyakarat akan bisa memahami dan memanfaatkan halaman rumah sendiri untuk mengembangkan tanaman jamu tersebut guna meningkatkan derajat kesehatan secara sederhana serta sebagai alternatif pengobatan mandiri untuk menciptkan masyarakat yang sehat,” ucapnya.

Selain itu tanaman obat keluarga ( TOGA) juga memicu usaha kecil dan menengah di bidang obat – obatan herbal sekalipun dilakukan secara indivual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkan nya sehingga terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.

Team nusantara sehat dan penanggung jawab TOGA yakni Puskesmas Kuamang kKning x Sudaroji juga mengajak peserta yang hadir untuk ikut serta dalam menanamkan jiwa yang mandiri serta peduli akan kesehatan pada masyarakat di wilayah kerja puskesmas kuamang kuning x di masa pendemi 19.

Kamdani Kepala Desa (Kades) Mulya Bhakti mengatakan, agar masyarakat dapat memfaatkan obat herbal untuk meminimalisir pengunaan obat2 kimia dan memperkuat daya imun di masa pendemi covid-19.

“Semoga warga saya dapat memanfaatkan kegitan Sosialisasi ini dan dapat memahaminya, sehingga mampu melaksankan apa yang telah disampikan dalam kegiatan ini”, imbuhnya Kades Rio.

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab seputar manfaat dan cara pengolahan Tanman Obat Keluarga (TOGA) dengan baik dan benar serta dilanjutkan dengan makan buah dan Minun jamu bersama. (Robby/05)

Editor : A.R Tjereni

 

  • Bagikan
error: Bedah Nusantara