Kaleidoskop Triwulan I Pemprov Sulut Tahun 2020

  • Bagikan

BNI.id, (Manado – Sulut) – Visi  Sulawesi utara tahun 2016-2021 “Terwujudnya Sulawesi Utara Yang Berdikari Dalam Ekonomi, Berdaulat Dalam Politik Serta Berkepribadian dalam Budaya”

MISI Sulawesi Utara 2016-2021
1. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan memperkuat sektor pertanian dan sumberdaya kemaritiman, serta mendorong sektor industry dan jasa;
2. Memantapkan pembangunan sumberdaya manusia yang berkepribadian dan berdaya saing;
3. Mewujudkan Sulawesi Utara sebagai destinasi investasi dan pariwisata yang berdaya saing;
4. Mewujudkan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang tinggi, maju dan mandiri;
5. Memantapkan pembangunan insfrastuktur berlandaskan prinsip pembangunan berkelanjutan;
6. Mewujudkan Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang Indonesia di kawasan timur;
7. Mewujudkan Sulawesi Utara yang berkepribadian melalui tata kelola pemerintahan yang baik.

Menjelang Tahun Kelima Kepemimpinan Olly Dondokambey, SE dan Drs. Steven O.E. Kandouw sebagai Gubernur Sulut dan Wakil Gubernur Sulut perubahan Provinsi Sulawesi Utara dari tahun-ketahun semakin hebat.

Terobosan-Terobosan terus dihadirkan dalam peningkatan kesejahteraan di segala bidang khususnya di Tahun 2020 yang hampir sepanjang Tahun dalam masa Pandemi Corona Virus Disease-2019 (Covid-19).

1 Januari 2020, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menggelar New Year Countdown Dalam Rangkaian Christmas Festival 2019 di Pohon Kasih Megamas.
Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw hingga jajaran Forkopimda Sulut menyapa warga Nyiur Melambai yang hadir di lokasi acara.

3 Januari 2020, Pemerintah Sulawesi Utara melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut mengirimkan bantuan kebutuhan dasar untuk warga terdampak banjir bandang di Desa Lebo, Kecamatan Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulut.

Bantuan tersebut disalurkan Pemprov Sulut melalui kapal laut ke Tahuna untuk korban bencana di Kecamatan Manganitul ewat Pelabuhan Manado.

6 Januari 2020, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw menghadiri serah terima jabatan Kakanwil Kemenkumham Sulut yang sebelumnya dijabat Efendy B.

Peranginangin kepada penggantinya Lumaksono yang digelar di Graha Gubernuran Bumi Beringin, Manado.
Sertijab yang dipimpin Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemenkumham RI, Agus Hariadi ini dirangkaikan dengan serah terima Ketua Dharma Wanita Kanwil Kemenkumham Sulut. Kegiatan ini turut disaksikan jajaran Forkompimda Sulut dan jajaran pejabat Kanwil Kemenkumham Sulut.

6 Januari 2020, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw memimpin apel perdana tahun 2020 yang diikuti ribuan ASN dan THL di lingkup Pemprov Sulut yang digelar di Auditorium Mapalus.

Dalam sambutannya, Wagub Kandouw menerangkan, prestasi kerja yang dicapai Pemprov Sulut pada tahun 2019 lalu tidak terlepas dari catatan yang harus menjadi bahan evaluasi. Karenanya pelaksanaan apel perdana adalah momentum penting bagi Pemprov Sulut dalam mengawali tugas membangun Sulut di tahun 2020.

7 Januari 2020, KEK Likupang Siap Dibangun, Gubernur Olly Kantongi Restu Jokowi. Akhirnya, upaya Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang di Kabupaten Minahasa Utara mendapat restu dari pemerintah pusat.
Presiden Joko Widodo telah menyetujui penetapan KEK Likupang melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 84 Tahun 2019.

8 Januari 2020, Terobosan Baru ODSK, Rute Hangzhou-Manado Terbang Perdana 17 Januari 2020. Komitmen Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw memajukan pariwisata Sulawesi Utara tak perlu diragukan.

Terbukti, BPS Provinsi Sulut mencatat secara kumulatif kunjungan wisman ke Sulut sebanyak 118.844 orang pada Januari 2019-November 2019. Pencapaian itu naik 4,96 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Rute baru ini menjadikan sektor pariwisata sebagai andalan Pemprov Sulut dalam menggerakkan ekonomi daerah.
12 Januari 2020.

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Ibu Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana banjir bandang dan longsor di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

14 Januari 2020, Usai ditetapkannya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang di Kabupaten Minahasa Utara oleh Presiden Joko Widodo melalui terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 84 Tahun 2019, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw langsung bergerak cepat menyiapkan pembangunan KEK Likupang.
Untuk itu, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen memimpin rapat koordinasi terkait pembangunan KEK Likupang di ruang kerjanya.

16 Januari 2020, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey melantik Kepala Kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)  Sulut, Diano Tino Tandaju di Ruang C.J Rantung Kantor Gubernur.

Sebagai informasi, Kepala BKKBN Sulut yang baru Diano menggantikan Sugiyatna yang memasuki masa pensiun.

22 Januari 2020, Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen memimpin rapat koordinasi rencana pembangunan persemaian modern dalam rangka mendukung pengembangan destinasi wisata super prioritas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang di Ruang Rapat Sekdaprov Sulut.

24 Januari 2020, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri Ibadah Natal dan Tahun Baru sekaligus Tatap Muka Pemprov Sulut dengan Kerukunan Keluarga Pendeta dan Guru Agama (KKPGA) se-GMIM yang digelar di Ruang Mapalus Kantor Gubernur.

27 Januari 2020, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri Ibadah Natal dan Pelantikan Pengurus Asosiasi Pemerintah Desa seluruh Indonesia (Apdesi) DPC Kabupaten Minahasa yang digelar di BPU Tondano,

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly mengapresiasi sinergitas Pemprov Sulut dan Apdesi yang terus terjalin hingga kini dalam mewarnai pembangunan di Sulut.

28 Januari 2020, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri workshop implementasi kode etik Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang dihadiri langsung Ketua BPK RI, Agung Firman Sampurna di Manado,

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly mengapresiasi kehadiran Ketua BPK RI di Sulut sebagai bukti sinergitas Pemprov Sulut dengan BPK untuk mengoptimalkan pembangunan daerah.

29 Januari 2020, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw menghadiri syukuran serah terima Anjungan Sulut di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

29 Januari 2020, Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen membuka Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang digelar di Aula Mapalus kantor Gubernur.

29 Januari 2020, Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen memimpin Acara Penandatanganan Perjanjian Kinerja Sekretariat Daerah Tahun 2020 dan Pakta Integritas yang dilaksanakan di Ruang F.J. Tumbelaka Kantor Gubernur.

5 Februari 2020, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dalam kapasitasnya sebagai Ketua unsur non pendeta Majelis Pekerja Harian Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (MPH PGI) menghadiri sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) PGI yang berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat mulai tanggal 3 hingga 6 Februari 2020.

Sidang MPL-PGI adalah sidang para pimpinan gereja anggota PGI. Gereja anggota PGI berjumlah 91 sinode gereja yang tersebar di seluruh Indonesia.

6 Februari 2020, Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis Simda Keuangan Rilis 14, Kasda Online Modul CMS versi 4 dan Rapat Koordinasi Pengelolaan Kas, yang bertempat di Ruang CJ Rantung kantor Gubernur Sulut.

7 Februari 2020, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw mencanangkan Gerakan Mencintai Bumi ODSK dan FDW menanam di depan Kantor Bupati Minahasa Selatan.
Kegiatan yang diawali dengan jalan sehat sepanjang 4,8 kilometer melewati Boulevard Amurang dan dilanjutkan dengan menanam ini diikuti oleh Wakil Bupati Minsel Franky Donny Wongkar (FDW) dan ribuan masyarakat.

11 Februari 2020, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw memimpin rapat koordinasi Dinas Pariwisata Sulut yang dilaksanakan di ruang kerjanya membahas penguatan branding Sulut sebagai destinasi wisata aman dan menyenangkan.

12 Februari 2020, Ibadah syukur empat tahun kepemimpinan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw yang digelar di Auditorium Malapus Kantor Gubernur, berlangsung khidmat.

Ibadah yang dipimpin Pdt. ML Rindengan ini turut dihadiri Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP PKK Kartika Devi Kandouw-Tanos, Sekdaprov Edwin Silangen, seluruh Kepala Perangkat Daerah (PD), ASN dan THL di lingkup Pemprov Sulut.

13 Februari 2020, Pembangunan Manado Marina Bay resmi dimulai. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey meletakan batu pertama pembangunan MMB di Kantor PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Manado,

“Sulawesi Utara akan segera memiliki pelabuhan pariwisata berskala internasional,” kata Olly usai peletakan batu pertama MMB

13 Februari 2020, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw menerima kunjungan kerja rombongan Badan Anggaran DPR RI yang dipimpin Edhi Baskoro Yudhoyono di Kantor Pengelola KEK Bitung. Pada kesempatan itu, Wagub Kandouw memaparkan kondisi terkini KEK Bitung.

13 Februari 2020, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen menggelar rapat koordinasi yang diikuti jajaran BPJN XV Manado, PT. Jasamarga Manado Bitung dan unsur terkait lainnya di ruang kerjanya.

Kabar gembira bagi masyarakat Sulawesi Utara. Pasalnya, operasional ruas tol Manado-Bitung direncanakan dibuka dalam waktu dekat. Diperkirakan lintasan tol yang akan digunakan sepanjang 20 kilometer dari panjang bentangan seluruhnya 39,9 kilometer.

17 Februari 2020, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menjadi inspektur Upacara Apel Korpri yang dirangkaikan dengan pencanangan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2020 yang digelar di Halaman Kantor Gubernur,

17 Februari 2020, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw bersama Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo menyaksikan simulasi pelumpuhan kapal pelaku illegal fishing yang dilakukan oleh aparat Ditjen PSDKP di Dermaga Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Aertembaga Bitung.

18 Februari 2020, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengapresiasi dukungan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo atas pembangunan sektor perikanan air tawar di Sulut.

Hal itu disampaikan Gubernur Olly saat mendampingi Menteri KKP dalam kunjungan kerja di Balai Perikanan Budidaya Air tawar (BPBAT) Tatelu di Kabupaten Minahasa Utara.

20 Februari 2020, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2020 di Jakarta, Kegiatan bertema “Investasi untuk Indonesia Maju” itu dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo.

20 Februari 2020, Ketua DWP Dirjen Perhubungan Darat ibu Lilis Dahliawati Budi didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sulawesi Utara ibu Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan menghadiri kegiatan Peran Serta Wanita Insan Perhubungan Dalam Mempromosikan Konektivitas, Pelayanan Dan Keselamatan Transportasi Dalam Rangka Mendukung KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) Super Prioritas di Hotel Casabaio Paradise, Likupang Minahasa Utara.

21 Februari 2020, Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen memimpin rapat tindak lanjut Rakornas Investasi yang digelar di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulut untuk memastikan lancarnya seluruh perizinan investasi di Sulut.

22 Februari 2020, Ribuan umat muslim di Kabupaten Bolaang Mongondow dari berbagai elemen penuh antusias menghadiri tasyakuran empat tahun kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandowu yang digelar di lapangan depan kantor Bupati Bolmong,
Pada kesempatan itu, Gubernur Olly mengaku bersyukur kepada Tuhan karena bisa bertemu dengan umat muslim Bolmong.

23 Februari 2020, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey memberikan bantuan hibah uang dari Pemprov Sulut untuk GMIBM senilai Rp 500 juta yang ditandai dengan penandatanganan nota hibah yang dilaksanakan di GMIBM Paulus Pusian, Kabupaten Bolaang Mongondow.

25 Februari 2020, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven O E Kandouw menghadiri Raker Percepatan Penyaluran dan Pemanfaatan Dandes dalam Menopang Ketahanan Sosial Ekonomi di Auditorium Mapalus, Kantor Gubernur Sulut.

Kandouw menegaskan komitmen Pemprov Sulut untuk mendorong percepatan penyaluran dana desa (dandes) di awal 2020.

Wagub Kandouw meminta seluruh aparatur Pemerintah Desa dapat mengoptimalkan penggunaannya sesuai aturan agar bermanfaat bagi pembangunan desa dan memajukan perekonomian daerah.

26 Februari 2020 ,Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bersama Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw dan Sekdaprov Edwin Silangen menyerahkan laporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) tepat waktu di Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Manado,

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly mengajak seluruh masyarakat Sulut dan ASN sebagai motor penggerak roda pemerintahan ikut memenuhi kewajiban pajaknya, termasuk dalam penyampaian laporan SPT Tahunan PPh.

26 Februari 2020, Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen mengapresiasi pelaksanaan Rapat Koordinasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan se-Sulut sebagai pertemuan yang mampu memperkuat sinergitas dalam menggerakkan roda perekonomian daerah.

“Forum ini dapat dijadikan bagian bagaimana mengkomunikasikan masalah-masalah yang terjadi di daerah yang berkaitan dengan percepatan perdagangan, perindustrian dan investasi,” kata Silangen saat membuka Rakor Disperindag Sulut dengan dinas yang membidangi perindustrian dan perdagangan kabupaten/kota yang dilaksanakan di Manado,

26 Februari 2010, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw mengapresiasi program Pembangunan Keluarga dan Keluarga Berencana (Banggakencana) yang dimotori BKKBN.

Wagub Kandouw menegaskan bahwa Program Banggakencana sangat penting. Menurutnya, walaupun Sulut sebagai salah satu dari tiga daerah paling bahagia di Indonesia, tetapi indikator keluarga sejahtera harus mutlak dan menjadi fokus bersama.

Kamis 27 Februari 2020
Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw membuka Pelatihan Profesional Berkelanjutan (PPL) Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Sulut yang dilaksanakan di Aula Kantor BPK RI Perwakilan Sulut.

28 Februari 2020, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri Upacara Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) masa bakti 2020-2024 di Ballroom Hotel Borobudur, Jakarta,

29 Februari 2020, Gubernur Provinsi Gorontalo Rusli Habibie memuji perkembangan dan perubahan progresif Sulawesi Utara selama empat tahun dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw.

Hal ini disampaikan Gubernur Habibie saat menghadiri malam ramah tamah rombongan touring Jelajah Wisata Sulawesi (JWS) 2020 di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado.

1 Maret 2020, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri Ibadah Syukur HUT Ke-219 GMIM Eben Haezer Treman, Kabupaten Minahasa Utara.

2 Maret 2020, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada pembukaan Konsultasi Regional (Konreg) Kementerian PUPR Tahun 2020 Wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Bali yang digelar di Manado.

10 Maret 2020, Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen menerima kunjungan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Ateng Hartono di ruang kerjanya.

Pada kesempatan itu, dia meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov Sulut ikut menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) Online tahun 2020 (SP2O2O).

14 Maret 2020, Covid-19 alias Virus Corona telah diumumkan sebagai Pandemi. Di Indonesia, Presiden Joko Widodo telah menerima surat dari WHO terkait langkah kedepan penanganan virus tersebut.

Di Sulawesi Utara, Gubernur Olly Dondokambey, menegaskan Pemerintah Provinsi Sulut selalu berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait hal ini. Gubernur menegaskan Pemerintah akan selalu ada dan bersama-sama dengan masyarakat.
Gubernur Olly meminta segenap stakeholder, baik tokoh agama, tokoh masyarakat dan segenap elemen masyarakat untuk bersatu hati berdoa, memohon dan meminta perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk menjaga dan melindungi warga Sulut dan Indonesia terhindar dari pandemi virus corona.

16 Maret 2020, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw didampingi Sekdaprov Edwin Silangen secara resmi membuka pelaksanan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK se-Sulut melalui video conference online di SMK N 1 Manado.

Pembukaan ujian secara simbolis ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Wagub Kandouw tanda dimulainya UNBK.

18 Maret 2020, Social distancing sedang ramai dan digalakkan karena disebut sebagai langkah ampuh untuk cegah dan atasi penyebaran virus corona di Indonesia. Langkah yang dipilih Presiden RI Joko Widodo ini juga diterapkan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey agar penanganan Covid-19 atau virus corona bisa dilakukan dengan lebih maksimal di wilayahnya.

Gubernur Olly meminta masyarakat untuk menerapkan social distancing untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran virus corona di Sulut.
Pernyataan mengenai social distancing ini sendiri disampaikan Olly dalam surat edaran himbauan pencegahan Covid-19 yang diteken pada 16 Maret 2020.

23 Maret 2020, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey menetapkan status siaga darurat penanganan bencana non alam virus corona atau covid-19 di Sulut.
Status ini berlangsung selama 75 hari terhitung mulai 16 Maret sampai 29 Mei 2020 dan dapat diperpanjang ataupun diperpendek sesuai kebutuhan penyelenggaraan penanganan darurat bencana.

Kebijakan yang dikeluarkan melalui SK Gubernur No. 97 tahun 2020 ini mengacu pada pernyataan juru bicara pemerintah covid-19 dalam konferensi pers pada tanggal 14 Maret 2020, yang menyatakan bahwa Sulut menjadi salah satu daerah penyebaran covid-19.

24 Maret 2020, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw langsung bergerak cepat menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas (ratas) online penanganan covid-19 di Indonesia dari Istana Merdeka Jakarta.

Dalam ratas online itu, Presiden meminta Pemda melakukan realokasi anggaran untuk mempercepat penanganan Covid-19 sesuai dengan lnstruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Tentang Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

27 Maret 2020, Gubernur Olly dan Jalan Pagi Olahraga di pagi hari bisa bikin tubuh lebih sehat. Melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki santai bisa membuat aliran darah pada tubuh lebih lancar. Jalan kaki di pagi hari akan melemaskan otot yang kaku dan masih lambat usai tidur dan tak bergerak.

Gaya hidup sehat itu juga yang diterapkan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey saat mengawali aktivitasnya di pagi hari dengan berjalan kaki menyusuri persawahan di kediamannya di Desa Kolongan, Kabupaten Minahasa Utara.

“Selamat pagi semua, mari torang hidup sehat, ora et labora,” sesuai status di akun Facebook orang nomor satu di Sulut.

27 Maret 2020 , Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengimbau pimpinan pusat perbelanjaan menyediakan bilik sterilisasi untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

“Sehubungan dengan itu, dimintakan kepada seluruh pusat perbelanjaan/supermarket/pasar swalayan yang ada di Sulawesi Utara untuk memasang bilik sterilisasi (disinfectant chamber) yang sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan RI/WHO di setiap pintu masuk dan keluar,” demikian bunyi surat edaran tentang pemasangan bilik sterilisasi yang ditandatangani Gubernur Olly di Manado.

30 Maret 2020, Guna cegah tangkal menyebarnya Corona Virus Disease (Covid-19) di Provinsi Sulawesi Utara, Gubernur Olly Dondokambey dan jajaran Forkopimda menggelar pertemuan bersama tokoh agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulut di Kantor Gubernur.

Dalam arahannya, Gubernur Olly mengingatkan pentingnya partisipasi seluruh elemen masyarakat termasuk tokoh agama untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19.

31 Maret 2020, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey selaku Ketua BKPRS (Badan Kerjasama Pembangunan Regional Sulawesi) melakukan rapat lewat video teleconference dengan Gubernur se-Sulawesi untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 dari Kantor Gubernur.

31 Maret 2020, Gubernur Olly Dondokambey selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Provinsi Sulut didampingi jajaran Forkopimda, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw dan Sekdaprov Edwin Silangen melakukan rapat lewat video teleconference dengan Bupati dan Walikota se Sulut dari Kantor Gubernur.

Gubernur Olly Dondokambey memberikan arahan kepada bupati dan walikota yang juga ketua gugus tugas di kabupaten dan kota untuk memberikan bantuan sosial kepada masyarakat. Adapun bantuan tersebut dapat bersumber dari refocusing kegiatan, realokasi anggaran sebagaimana amanat Inpres Nomor 4 Tahun 2020 tentang penanganan Covid-19.
(Theresia/Masye Abast/01).

Editor:Hunter

  • Bagikan
error: Bedah Nusantara