Dirut.PD Bangun Bitung, Bantah Jika Pihaknya Tidak Menyalurkan THR Untuk Crew KMP. Tude

  • Bagikan

BNI.id, (Bitung – Sulut) – Direktur PD Bangun Bitung Jorry Jantje membantah jika pihaknya menghilangkan atau tidak menyalurkan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi crew KMP Tude.

Jorry mengatakan, pihaknya bukan tidak diberikan THR tapi hanya menunda pemberian THR bulan Januari tahun 2021. Penyaluran THR bulan ini tidak memungkinkan karena kondisi keuangan kami tidak ada. Jadi THR ditunda bulan Januari 2021,” kata Jorry.

Akibat kondisi keuangan, kata dia, bukan hanya THR dari crew KMP Tude yang ditunda penyerahnnya tapi gaji direksi dan dewan pengawas PD Bangun Bitung juga sudah dua bulan belum terbayarkan.

“Kami memprioritaskan membayar gaji dan uang makan mereka di bulan Desember ini, meski kami harus merasakan dua bulan belum gajian,” ungkapnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa terjadinya Devisit keuangan di PD Bangun Bitung, dikarena anggaran subsidi terpotong sebesar Rp1.7 miliar, sehingga membebaskan tiga bulan pembayaran sewa rumah susun sederhana (Rusunawa) akibatnya keuangan devisit Rp600 juta.

“Beruntung ada dana bantuam covid-19 sebesar Rp400 juta sehingga kekurangan anggaran tinggal Rp200 juta. PT Bangun Bitung juga mengalami devisit anggaran sebesar Rp1.9 miliar,” tandasnya.

Jorry juga mengaku sudah melakukan upaya persuasif, menjelaskan kondisi keuangan ke nahkoda kapal namun niat mereka bulat untuk mogok operasi karena THR belum diberikan.

“Padahal kalau mau ikut aturan, kami punya dasar kuat memberhentikan crew kapal dari pekerjaan karena lalai melaksanakan tugas. Tapi itu tidak kami lakukan,” katanya.

Sambungnya lagi, “Adapun, total anggaran untuk pembayaram gaji dan uang makan untuk 13 crew KMP Tude hampir Rp90 juta setiap bulan. tutupnya.
(Theresia/Masye Abast/05).

Editor : AR Tjereni

  • Bagikan
error: Bedah Nusantara