Erasmus J. Papilaya: Giat PMI Halut Jadi Panutan Kerja Sama, Partisipatif dan Responsif

  • Bagikan

BNI.id, (Halut-Malut) – Jelang Natal 25 Desember 2020 dan Tahun baru 1 Januari 2021, Palang Merah Indonesia (PMI) Kab.Halmahera Utara (Halut) melakukan aksi Kemanusian dengan kegiatan spraying disinfektan di setiap Gereja se-kota Tobelo, Rabu (23/12/2020).

Kepala Markas PMI Halut, Arman Rahman menjelaskan bahwa, menjelang Natal 25 Desember 2020, merupakan puncaknya kegiatan keumatan kristiani dalam merayakan Natal tersebut.

Arman menjelaskan lagi, di masa Pandemi Covid-19 ini, untuk mengantisipasi dan menekan penyebaran wabah Covid-19 dalam perayaan natal dan tahun baru, PMI Halut menjadwalkan kegiatan Spraying Disinfektan diseluruh gereja se-kota Tobelo.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menekan dan mengantisipasi angka penyebaran wabah Covid-19 di Halmahera Utara serta memberikan kenyamanan dan kedamaian kepada saudara-saudara kita yang Nasrani dalam ibadah dan perayaan natalnya”, jelasnya.

Menurutnya lagi, kegiatan spraying disinfektan di Gereja-gereja tersebut, telah dijadwalkan selama 4 hari, dari tanggal 21 sampai 24 Desember 2020.

“Kegiatan ini juga terselenggaranya atas kerja sama Gustu Covid-19 Halut, Dinas Lingkungan Hidup Halut dan Pengurus Sinode GMIH Halmahera Utara, sehingga kami dapat melakukan Spraying Disinfektan dengan lancar karena dibantu juga pihak gereja dalam membuka ruang untuk dapat kami jangkau”, ucap Arman kepala Markas dan juga selaku Sekretaris Pengurus PMI Halut.

Ia, juga menjelaskan dalam kegiatan tersebut, relawan yang diterjunkan sebanyak 10 orang yang akan bergiliran dalam melaksanakan tugas Spraying Disinfektan sesuai dengan surat tugasnya masing-masing.

“Karena kegiatan ini berlansung selama 4 hari, dari tanggal 21 sampai dengan tanggal 24 Desember 2020, sehingga kami membentuk 2 tim relawan dari 10 orang, kami bagi menjadi 2 tim “, ungkapnya.

Arman juga berharap, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat memberikan kenyamanan kepada kaum Kristiani dalam merayakan Natal di masa Pandemi covid-19 saat ini.

“Kami berharap saudara-saudara kita dari Kristiani saat melakukan ibadah perayaan Natal dengan ketenangan hati yang damai karena tempat dan gereja sudah kami sterilkan dari ancaman wabah Covid-19,” tuturnya.

Pada pembukaan kegiatan Senin (21/12) di depan Kantor Sinode GMIH, Wakil Sekretaris Sinode GMIH, Pdt. A. Ugu, M.Si, dalam arahannya mengucapkan terima kasih kepada PMI Halut terutama kepada relawan dan Pengurus PMI Halut, yang telah memprogramkan dan melakukan spraying disinfektan di tiap-tiap Gereja menjelang Natal 25 Desember 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Atas nama Pengurus Sinode GMIH dan Keluarga Besar Sinode GMIH Halut, menyampaikan terima kasih kepada Pengurus PMI Halut dan Relawannya yang telah memberikan sumbangsi tenaga dan waktunya untuk melakukan penyemprotan disinfektan di setiap Gereja di wilayah Tobelo,” Ucapnya, Wakil Sekretaris Sinode GMIH.

Terpisah, Wakil Sekretaris Tim Gugus Tugas Covid-19 Halut yang juga sebagai Asisten 1 bidang Pemerintahan Bupati Halut Erasmus J. Papilaya, menyampaikan bahwa kegiatan PMI Halut menjelang Natal dan Tahun Baru 2021 dengan melakukan Spraying Disinfektan di gereja-gereja merupakan tindakan pencegahan Covid-19 dan telah menjadi panutan kerja sama dan toleransi yang patut di apresiasi.

“Kegiatan PMI berupa spraying disinfektan di Gereja-gereja dalam rangka Natal 25 Desember 2020 dan Tahun Baru 2021 merupakan wujud peduli pencegahan Covid 19, sekaligus menjadi panutan kerjasama dan toleransi yang patut diapresiasi,” Jelas Papilaya, Sekertaris Tim Gustu Covid-19 Halut.

Ia, juga menyampaikan terima kasih kepada Pengurus PMI dan Relawannya yang telah melaksanakan kegiatan yang sangat partisipatif dan responsif.

“Kami menyampaikan terima kasih atas kegiatan PMI yang sangat partisipatif dan responsif”, tutupnya Papilaya yang juga sebagai Asisten 1 Bidang Pemerintahan Bupati Halut. (Ar/05)

Editor : A.R Tjereni

  • Bagikan
error: Bedah Nusantara