Pasca Hujan Deras, Jembatan di Desa Daleman Sampang Ambruk di Terjang Banjir

  • Bagikan

BNI.id, (Sampang Madura – Jatim) – Akibat hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan jembatan desa Deleman Sampang ambruk di terjang banjir dan beberapa bangunan juga rusak. Kamis (17/12/2020).

Hujan deras yang melanda di beberapa wilayah di pulau Madura, Khususnya di Kabupaten Sampang menyebabkan banyak pembangunan Infrastruktur yang rusak.

Salah satunya adalah ambruknya Jembatan penghubung antar desa yang berada di Desa Daleman, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang.

Peristiwa ambruknya jembatan penghubung dua desa tersebut terjadi pada kamis (16/12) sekitar pukul 19:11 WIB.

Kondisi ujung badan jembatan sepanjang dua puluh empat meter itu turun akibat runtuhnya beton penyangga. Warga sekitar memberi tanda menggunakan palang bambu agar tidak ada kendaraan yang melintas di jembatan yang menghubungkan antara Desa Deleman dan Desa Pasarenan tersebut.

Husairi, salah satu warga setempat menjelaskan kepada awak media BNI.id bahwa sebelumnya, jembatan itu dalam kondisi baik dan terawat.

“Ambruknya jembatan ini karena disebabkan oleh banjir dan debit air yang meningkat lantaran musim hujan yang melanda dalam beberapa pekan terakhir,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, dalam beberapa hari ini, debit air sungai tinggi akibat hujan deras dan menggerus bagian penyangga jembatan hingga ambruk.

“Jembatan yang sudah ambruk ini sudah tidak bisa dilintasi lagi oleh warga,” kata Husairi, pemuda yang aktif di Forum Sampang Hebat saat dikonfirmasi oleh via WhatsApp.

Lanjut Hisairi, jembatan sepanjang 24 meter yang ambruk akibat banjir ini jelas membuat masyarakat sekitar kesulitan. Sebab, jembatan tersebut merupakan infrastruktur vital bagi perekonomian warga.

“Jembatan ini penghubung dari Desa Deleman menuju Desa Pasarenan. Dan juga Jembatan ini merupakan urat nadi perekonomian masyarakat, “jelasnya.

Terkait kondisi ini, pemuda yang juga Ketua (GMPK) Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi 8 Kabupaten Sampang itu berharap agar Pemkab setempat segera ambil tindakan.

“Sebelumnya sudah dilakukan pengecekan dari BPBD dan juga DPUPR. Semoga pemkab Sampang cepat membangunnya kembali. Mengingat jembatan ini dipergunakan oleh masyarakat untuk akses perekonomian,” pungkasnya. (@to’epbni/05)

Editor : A.R Tjereni

  • Bagikan
error: Bedah Nusantara