Penyu Langka Hasil Tangkapan Nelayan di Selamatkan Polsek Paleleh ke Habitatnya

  • Bagikan

BNI.id, (Buol Sulteng)- Kepala Kepolisian Sektor Paleleh Ipda Hendrik, S.H., melalui Aiptu Adrian Palota bersama anggota menyelamatkan penyu tampayan LonggerHead (Caretta Caretta) yang merupakan hasil tangkapan nelayan masyarakat Desa Hulubalang Kecamatan Paleleh, Senin (14/12/2020).

Aksi penyelamatan penyu tersebut dilakukan oleh KA SPKT Polsek Paleleh Aiptu Adrian Palota bersama anggota setelah menemukan informasi dari warga tentang penyu langka yang di tangkap oleh nelayan setempat.

Kapolsek Paleleh Ipda Hendrik, S.H., menjelaskan bahwa seekor penyu langka tersebut merupakan hasil tangkapan nelayan kemudian diberikan edukasi kepada nelayan tersebut bahwa hewan penyu tersebut merupakan hewan yang dilindungi oleh undang-undang.

Mengetahui hal tersebut bahwa hewan penyu merupakan hewan yang di lindungi, nelayan tersebut langsung memberikan hasil tangkapannya untuk di lepas K
Kembali ke habitatnya di laut agar dapat berkembang biak.

Kapolres Buol AKBP Dieno Hendro Widodo, S.I.K., melalui Kapolsek Paleleh Ipda Hendrik, S.H., juga mengimbau warga Kecamatan Paleleh khususnya yang tinggal di daerah pesisir agar selalu menjaga biota laut sehingga populasinya bisa berkembang dengan cara agar menghindari penangkapan ikan menggunakan bom ikan maupun potasium. Selain melanggar Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951, cara penangkapan tersebut akan merusak habitat atau biota laut.

“Kami mengajak warga Kecamatan Paleleh untuk bersama-sama menjaga kelestarian laut demi generasi penerus bangsa yang ada di Kecamatan Paleleh,” imbaunya.(Hms/007).

Editor : Putra

  • Bagikan
error: Bedah Nusantara