Optimalkan Pelayanan, Dispendukcapil Kabupaten Sampang Luncurkan ADM

  • Bagikan

BNI.id, ( Sampang Madura – Jatim ) – Dalam upaya memberikan pelayanan kependudukan yang optimal kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang berinovasi dengan meluncurkan program (ADM) Anjungan Dukcapil Mandiri. Selasa (08/12/2020).

Program ADM tersebut bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mencetak dokumen kependudukan secara mandiri.

Seperti yang disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Dispendukcapil Edi Subinto mengatakan, dengan adanya ADM ini, nantinya akan mempermudah masyarakat untukmengurus dokumen kependudukan secara mandiri.

“Anjungan ini nantinya akan bisa mencetak Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), dan Akte Kelahiran Serta¬†Akte Kematian,” ungkap Edi.

Lanjut Edi menambahkan, agar masyarakat bisa menggunakan ADM dalam pencetakan bermacam kependudukan maka terlebih dahulu datang ke Dispendukcapil Sampang untuk melakukan regestrasi.

“Bagaimana caranya melakukan regestrasi biar nanti kami yang akan menerangkan kepada masyarakan. Namun jika saat ini dirasa kurang pas untuk disampaikan,” jelasnya.

Program ADM ini pihaknya mendapat dukungan dari Direktur Jendral Dukcapil Pusat, tetapi masih menunggu petunjuk lebih lanjut.

Program ini sumber dananya di ambi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang dialokasikan sebesar Rp 600 Juta untuk 3 mesin ADM.

Pada tahun 2021 mendatang, kami akan mendatangkan 3 unit mesin ADM yang rencananya nanti penempatannya ditempatkan di wilayah Pantura dan sebalah barat serta di kota Sampang, “pungkasnya. (@to’ipbni/05).

Editor : A.R Tjereni

  • Bagikan
error: Bedah Nusantara