Dispen Kab Wakatobi Beri BSM ke 971 Pelajar yang Ada di Empat Pulau

  • Bagikan

BNI.id, (Kab Wakatobi -Sultra) – Dinas Pendidikan Kabupaten Wakatobi melakukan pembagian Bantuan Siswa Miskin (BSM) secara simbolis kepada siswa SD dan SMP serta beasiswa kepada mahasiswa yang ada di pulau Kaledupa, Tomia, Binongko dan Wangi-Wangi.

Bantuam Siswa Miskin serta beasiswa yang dibagikan kepada pelajar dan mahasiswa tersebut merupakan bentuk realisasi program beasiswa bersinar yang pernah dijanjikan oleh Bupati Kabupaten Wakatobi, Arhawi.

Kepala Dinas Pendidikan Wakatobi, Ali Wangi mengungkapkan, penyerahan beasiswa bersinar tahun ini dilakukan secara simbolis dengan mendatangi para mahasiswa dan pelajar di pulaunya.

“Tahun – tahun sebelumnya penyerahan beasiswa bersinar berada di ibukota kabupaten yaitu pulau Wangi-wangi, tetapi tahun ini kita geser dengan melakukan penyerahan secara simbolis di masing – masing pulau.

Ini disebabkan karena masa pandemi sehingga kita dibatasi dalam berkumpul kemudian juga ini sebagai bentuk peningkatan pelayanan dari dinas pendidikan kepada publik,” terang Ali Wangi saat menyampaikan sambutan penyerahan beasiswa bersinar di pulau Kaledupa, Sabtu (5/12/2020).

Kordinator tim verifikasi Beasiswa Pendidikan Bersinar, Nurmasi mengungkapkan, jumlah penerima beasiswa bersinar di tahun 2020 mencapai peningkatan luar biasa yaitu 971 orang.

Jumlah tersebut sangat berbeda jauh dengan penerima beasiswa bersinar di tahun 2017 dengan jumlah 89 orang, 2018 dengan jumlah 340 orang dan 2019 dengan jumlah 541 orang yang tersebar di berbagai pulau yan ada di kabupaten Wakatobi.

Kordinator pengawas beasiswa, Mujaidi menyampaikan, beasiswa Bersinar pada awal dikeluarkanya tahun 2017 memiliki beberapa kendala seperti informasinya yang kurang diketahui oleh masyarakat sehingga jumlah pendaftar beasiswa tersebut masih kurang serta penyaluranya masih menggunakan berbagai bank yang mengakibatkan lambatnya pencairan.

Namun setelah sosialisasinya diperlancar lagi serta penyaluranya difokuskan kepada bank BPD Sultra, menyebabkan jumlah pendaftar diprogram tersebut lebih banyak dan penyaluran dananya juga lebih cepat diterima oleh pelajar dan mahasiswa.

Mahasiswa S2 Universitas Diponegoro yang mendapatkan beasiswa bersinar asal pulau Tomia, mengungkapkan, rasa terima kasihnya kepada Pemda Wakatobi karena dengan beasiswa tersebut dapat membantunya dalam penyelesaian tahap akhir kuliahnya.

” Alhamdulillah beasiswa ini sangat bermanfaat untuk saya karena dengan adanya beasiswa ini bisa membantu saya dalam menyelesaikan tesis saya,” tuturnya.

Setelah pemberian secara simbolis, pencairan anggaran beasiswa akan dicairkan di rekening pelajar dan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa.(Rudi/01).

Editor: Hunter

  • Bagikan
error: Bedah Nusantara