Polda Metro Jaya, Amankan Pria yang Menggugah Video Adzan Seruan Jihad

  • Bagikan

BNI.id, (Jakarta) – Polda Metro Jaya berhasil menangkap pria yang mengunggah video seruan jihad yang diselipkan dalam lantunan azan di media sosial. Jumat (04/12/2020).

Terkait pengungkapan kasus ini, H ternyata sudah menyebarkan video ajakan jihad lewat azan itu melalui akun Instagram miliknya @hashophasan. H ditangkap pada rabu (02/12).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Drs. Yusri Yunus mengatakan, ada empat narasi yang ditulis H ketika menyebarkan video tersebut. Dalam salah satu unggahannya, H menyebut nama Habib Bahar bin Smith.

Terkait pengungkapan kasus ini, H mengaku pertama memperoleh video azan Hayya Alal Jihad dari grup WhatsApp FMCO News. Selanjutnya, H secara masif menyebarkan video tersebut melalui akun Instagram pribadinya.

“Pelaku tergabung ke dalam grup WhatsApp FMCO News, di mana di dalamnya terdapat unggahan video-video beberapa orang mengumandangkan azan yang diubah pada kalimat hayya ‘alash sholah’ diganti dengan ‘hayya alal jihad’ dengan disertakan kalimat-kalimat seruan untuk melakukan aksi jihad,” kata Kabid Humas.

Menurut beliau, tujuan H menyebarkan video itu agar orang-orang meyakini dan ikut ajakannya untuk berperang.

“Provokasi seolah-olah Indonesia sedang bertarung lawan musuh,” imbuh Kombes. Pol. Drs. Yusri Yunus.

Atas perbuatannya, H dijerat dengan Pasal 28 Juncto Pasal 45 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 156a KUHP dan atau Pasal 160 KUHP. Dia terancam hukuman penjara di atas lima tahun. (Hms/05)

Editor : A.R Tjereni

  • Bagikan
error: Bedah Nusantara