Aksi Damai ASN dan THL Minahasa Utara

34

BNI.id, (Minahasa Utara – Sulut) – Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) bersama Tenaga Harian Lepas (THL) di Minahasa Utara melakukan Aksi damai mempertanyakan pembayaran tunjangan kinerja daerah (TKD). Kamis (19/11/2020).

Pemda Minahasa Utara hingga saat ini belum dibuatkannya Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) kepada ASN dan THL, hal tersebut membuat sejumlah ASN dan THL melakukan aksi damai.

Mengawali aksi damai tersebut, sejumlah ASN dan THL membersihkan area sekitaran perkantoran Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, kemudian masa bergerak ke bapelitbang untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Plt.Kadis Naker Minut, Marthen Sumampouw dalam orasinya mengatakan, aksi ini merupakan bentuk solidaritas ASN dan THL, untuk mempertanyakan hak mereka.

Sampai saat ini TKD dan pembayaran honor merupakan hak kami bersama THL, belum lagi dari teman – teman Damkar, jangankan honor dan TKD, pemberian dana operasional saja sudah tidak pernah dilakukan, untuk itu kami berada disini, mempertanyakan kenapa pembayaran dan pembiayaan bisa tertunda,” Jelasnya.

Sementara, Sekkab Minut Jemmy Kuhu menanggapi perihal tersebut mengatakan, apa yang dipertanyakan oleh ASN dan THL semua sementara di proses, harap dimaklumi, karena semua ada mekanismenya.

“Saya juga belum menerima TKD, sebab pembayaran masih sementara diproses, tidak ada yang menunda atau menahan pembayaran TKD dan honor THL, karena sampai saat sekarang kita masih menyusun penyesuaian APBDP,” tandas Kuhu.

Setelah mendengarkan penjelasan dari Sekkab, Marthen Sumampouw mengajak seluruh peserta aksi bersama Sekkab untuk menuju gedung keuangan. (Theresia/Masye Abast/05).

Editor : A.R Tjereni