PMI Kota Tidore kepulauan, Sosialisasi dan Edukasi Serta Melantik Pengurus Ranting

32

BNI.id, (Tidore – Malut) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tidore Kepulauan laksanakan Sosialisasi Kesiapsiagaan Menghadapi bencana dan adaptasi hidup kebiasaan baru dalam upaya menekan angka penyebaran Covid19 serta pelantikan pengurus Ranting di Kec. Oba Tengah. Rabu (18/11/2020).

Sebagaimana kita ketahui bersama Peran PMI adalah membantu pemerintah di bidang sosial kemanusiaan, terutama tugas kepalangmerahan sebagaimana dipersyaratkan dalam ketentuan konvensi-konvensi Jenewa 1949 yang telah diratifikasi oleh pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1958 melalui UU No. 59.

PMI Kota Tidore Kepulauan melaksanakan Edukasi Kebencanaan dan Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru sekaligus Pelantikan Pengurus PMI Ranting Kecamatan Oba Tengah Masa Bakti Tahun 2020 – 2025 di Kec. Oba Tengah pada Selasa 17/11 kemarin.

Hal ini dilaksankan dalam rangka membantu Pemerintah Kota Tidore Kepulauan untuk memberikan pemahaman di bidang sosial kemanusiaan kepada masyarakat, terutama dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana, pelayanan kesehatan serta untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kegiatan edukasi dan sosialisasi tersebut dibuka dengan resmi oleh Plt. Ketua PMI Kota Tidore Kepulauan, Drs. H. Yakub Husain, M.Si sekaligus penyerahan Masker dan Hand Sanitizer.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan kegiatan tersebut Sayarifuddinadjam, S.Pd, M.Sc, Kegiatan edukasi dan sosialisasi yang dilaksanakan PMI Kota Tidore Kepulauan bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta pemahaman tentang Kesiapsiagaan Menghadapi bencana alam maupun non alam secara komprehensif kepada masyarakat terutama kepada siswa – siswi yang merupakan kelompok rentan.

“Kegiatan edukasi dan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman dan sikap positif terhadap situasi kebencanaan secara komprehensif kepada masyarakat terutama siswa/i SMA di Kecamatan Oba Tengah,” jelasnya.

Sambungnya lagi, “Sehingga masyarakat memiliki kesiapan mental dan kesadaran bersama dalam melakukan tindakan – tindakan cepat pada saat dan sesudah terjadi bencana,” ucapnya.

Sayarifuddinadjam juga berharap, masyarakat di Kec. Oba Tengah dapat menyesuaikan diri dan menerapkan kebiasaan baru dengan aman, sehat dan produktif dengan sering cuci tangan pakai sabun, pakai masker, jaga jarak, istirahat cukup, rajin olahraga dan
makan makanan bergizi seimbang.

Pada kesempatan yang sama Camat Oba Tengah, H. Rudy Ipaenin, S.STP, MH mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tinggi kepada PMI Kota Tidore Kepulauan atas perhatiannya yg sangat besar kepada masyarakat Kota Tidore Kepulauan melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi yang dilaksanakan.

“Kegiatan seperti ini sangat penting dan memiliki manfaat yg sangat besar bagi masyarakat sehingga sebagai Camat, kami berharap agar di tahun-tahun yg akan datang PMI Kota Tidore Kepulauan dapat terus aktif melaksanakan kegiatan di bidang sosial kemasyarakatan yg merupakan tugas-tugas kepalangmerahan,” jelasnya.

Selanjutnya kami ucapkan Selamat dan Sukses kepada Pengurus PMI Ranting Kec. Oba Tengah yg baru dilantik. Ini merupakan sebuah penghormatan sekaligus kebanggan bagi kami bahwa dari 4 Kecamatan di daratan Oba ini baru PMI Kecamatan Oba Tengah yg terbentuk dan dilantik kepengurusannya.

Berikut Susunan Pengurus Ranting PMI Kec. Oba Tengah Masa Bakti 2020 – 2025;
Ketua : Ruslan M.Saleh, S.Kep.Ns
Wakil Ketua : Asnawi Y. Makatita, Amd.Kep
Sekertaris : Nurulita Anhar, S.Kep.Ns
Wakil Sekretaris : Arman Husen, S.Kep.Ns
Bendahara : Seruni Untung, Amd.Keb
Wakil Bendahara : Suhaemi Suaib, SKM.

Sedangkan untuk Anggota terdiri dari : Akbar Karim, S.Kep.Ns; Suharni Ahmad, Amd.Kep; Adhohan, Amd.Kep; Aulina Muhidin, Amd.Kep; Lusiana Barakati,S.kep.Ns; Fitria, Amd.Kep; Laela Halil, S.Kep.Ns; Hamida Ibrahim, Amd.Ak; Rosdiana Muhammad, Amd.Kes; Amsar Djafar, Amd.Kep.

Rudy juga berharap dan menghimbau kepada jajaran pengurus PMI Kec. Oba Tengah yang baru dilantik agar dapat melaksankan tugas dan fungsi sebagaimana tertuang dalam UU No.1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan dan Peraturan Pemerintah No.7 tahun 2019 tentang petunjuk pelaksana UU kepapangmerahan serta AD dan ART PMI tahun 2019-2024.

“Semoga para pengurus dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab yg diemban dengan penuh amanah,” tutupnya. (Ar/05)

Editor : A.R Tjereni