Dinas Koperasi dan UKM Banggai, lakukan Latihan Tingkatkan Mutu Kemasan Produk Usaha Mikro

17

BNI.id, (Banggai – Sulteng) – Dinas Koperasi Dan UKM Kab. Banggai, selenggarakan Pelatihan Peningkatan Mutu Kemasan Produk Usaha Mikro, acara di buka secara resmi oleh Asisten II Bidang Perekonomian Dan Pembangunan Setda Kab. Banggai Drs.H.Alfian Djibran,MM ; di Hotel Estrella Luwuk Selatan. Selasa (17/11/2020).

Plh. Bupati Banggai yang di Wakili Asisten II Bidang Perekonomian Dan Pembangunan Setda Kab. Banggai Drs. H. Alfian Djibran, MM sekaligus membuka dengan resmi kegiatan tersebut (DAK TA. 2020).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi Dan UKM Kab. Banggai, dengan tema “Kemasan Berkualitas Dapat Meningkatkan Daya Saing, Daya Tarik Dan Penjualan Produk Usaha Mikro”.

Kegiatan dilaksanakan di Hotel Estrella Luwuk Selatan, Turut hadir Kadis Koperasi Dan UKM Kab. Banggai Hj. Ernaini Mustatim selaku Pelaksana Kegiatan, Para Narasumber Provinsi Sulteng, Para Peserta Pelatihan dan Tamu Undangan.

Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Drs. H. Alfian Djibran. MM, dalam sambutan tertulisnya menyampaikan Permohonan maaf dari PLh. Bupati Banggai.

Menurut Alfian Djibran, “ketidak hadir Plh.Bupati Banggai di karena ada tugas tugas yang di laksanakan dalam waktu yang bersamaan, sehingganya Beliau menugaskan kepada kami untuk menghadiri dan membuka acara ini,” ucapnya.

Dalam sambutanya menyampaikan Atas nama Pemerintah Daerah Kab. Banggai menyambut baik serta memberi apresiasi pada pelaksanaan kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan menambah wawasan kita semua, yang berkaitan dengan program usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah.

“Dalam rangka mensinergikan program kerja koperasi kedepan yang tepat sasaran karena tujuan pembangunan adalah untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi rakyat juga mempunyai peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, berperan dalam pertumbuhan dan penyerapan tenaga kerja, berperan dalam mendistribusikan hasil hasil pembangunan dan telah terbukti tidak terpengaruh terhadap krisis, ketika krisis menerpa pada tahun 1997-1998 hanya usaha mikro yang mampu tetap berdiri kokoh,” ucap Asisten II.

Sambungnya lagi, Dengan pengalaman tersebut telah menyadarkan banyak pihak untuk memberikan porsi lebih besar terhadap bisnis skala mikro, kecil dan menengah.

“Pengembangan usaha mikro dan menengah UMKM merupakan salah satu upaya yang di lakukan oleh Pemerintah dalam rangka meningkatkan keadaan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya juga, tujuan kegiatan ini adalah sisi kuantitas usaha mikro, tentu saja harus ada pengamanan produk atau pengemasan secara baik, karena desain kemasan serta pemasaran produk dalam bisnis penjualan produk makanan seringkali menjadi problem bagi produsen terutama bagi pengusaha tingkat menengah (UMKM). Paparnya.

Alfian yang juga sebagai Asisten II Bupati Banggai menyampaikan, desain kemasan produk harus merubah dari sudut pandang kemasan itu sendiri, sehingga kemasan sebagai satu identitas dan sebagai alat yang efektif untuk keterlibatan pelanggan (Costumer Engagement) dan juga kemasan merupakan salah satu alat untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih menguntungkan.

Assisten II juga mengapresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para narasumber serta ucapan terima kasih.

“Atas nama Pemerintah Daerah saya mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Narasumber dan ucapan terima kasih kepada Panitia Penyelenggara dan para Peserta Pelatihan Semoga kegiatan yang kita laksanakan ini mendapat Rahmat dan Ridho Allah Swt,” tutupnya.

Setelah Sambutan kegiatan di lanjutkan dengan Pemberian Penyematan Tanda Peserta Pelatihan Secara Simbolis, Dan Pemaparan Materi UMKM dari Berbagai Narasumber. (Marwin Ales/05)

Editor : A.R Tjereni