Pelantikan 89 PTPS dan Bimtek Se – Kecamatan Baradatu

28

BNI.id, (Way Kanang – Lampung) – Mengedepankan protokoler kesehatan Panwascam Kecamatan Baradatu melantik seluruh Petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Se-Kecamatan Baradatu senin,(16/11/2020).

Pelantikan 89 PTPS itu digelar secara serentak di Aula stai alma’arif, Bhakti negara, Kecamatan Baradatu, Kabupaten

Acara itu dihadiri Camat baradatu yg diwakili mukhlis kasi Trantib Kecamatan baradatu, Ketua panwascam Edi sondra
Kapolsek Baradatu, Kompol Mulyadi
Danramil Baradatu.

Tidak hanya dilantik, PTPS juga mendapatkan beberapa materi tambahan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilakukan dalam kegiatan tersebut.

Edi sondra selaku ketua Panwascam menyatakan beberapa tahapan telah mereka lewati dalam perekrutan PTPS. Tahapan perekrutan sendiri sudah dimulai sejak bulan Oktober lalu. Mereka juga telah melewati proses seleksi wawancara juga.

“Karena sudah melakukan seleksi dan kualifikasinya sesuai maka hari ini dilakukan pelantikan yang dilakukan serentak,” kata Edi.

Edi melanjutkan nantinya mereka yang dilantik akan bertugas saat prosesi pemungutan suara di masing-masing TPS. Mereka bertugas di garda terdepan untuk mengawal dan mengawasi prosesi pemungutan suara Pilkada se Kecamatan Baradatu agar berjalan lancar, aman, dan kondusif.

Peranan PTPS akan sangat berdampak dalam kontestasi pilkada tersebut. Sebab, TPS merupakan lokasi yang sangat rentan terjadi konflik. Beberapa diantaranya seperti kemungkinan terjadi money politic, intervensi dari pihak luar terhadap pemilih yang akan memilih.

“Oleh karena itu, nantinya mereka akan ditempatkan sesuai dengan TPS nya masing-masing yg tersebar di 19 Kampung 3 Kelurahan Total di Kecamatan Baradatu ada 89 TPS. Masing-masing satu pengawas,” pungkasnya.
(Sam’un/01).

Editor: Hunter