2 Paket Proyek Pengerjaan CV. Adira Azzahra, Rusak dan Rugikan Masyarakat sekitar

248

BNI.id, (Kerinci – Jambi) – Pengerjaan 2 Paket Proyek masing – masing dari Dinas Pertanian dan Dinas Pariwisata Kab. Kerinci tepatnya di Desa Sungai Medang Kec. Air Hangat Timur, yang baru selesai di kerjakan oleh CV. Adira Azzahra rusak dan rugikan Masyarakat sekitar. Jumat (13/11/2020).

2 paket proyek yang dikerjakan oleh CV. Adira Az-Zahra tersebut masing-masing yaitu 1 Paket Proyek fisik Pembngunan jalan pertanian di Bukit Lengah Sunagi dan 1 Paket Proyek Pembangunan fisik.

1.Proyek Peningkatan Jalan Pertanian Lokasi Bukit Lengah-Sunagi Kebetung Kec.Air Hangat Timur. Nilai kontrak/anggaran Rp. 190.752.000 dan Pelaksana 90 hari kalender.

Proyek pertaniaan tersebut yang dikerjakan awal bulan november dan berakhir pada tanggal 7 November itu meninggalkan kerugian bagi masyarakat sekitar.

Pasalnya, menurut salah satu warga Bukit Lengah inisial UR (35), kepada awak media BNI.id mengatakan, dalam proses pengerjaan proyek jalan tersebut,
banyak pipa air bersih yang di alir kan kerumah warga bocor oleh alat berat dan tampa ada ganti rugi dan dibiarkan begitu saja. (Rabu, 11/11/2020).

Dalam rap atau volume pekerjaan jalan tersebut seharusnya 850 meter, namun yang baru di kerjakan hanya 210 meter. Ukuran tersebut di ukur oleh awak media dan salah satu warga setempat.

“Jika, dilihat dari Rancangan Anggaran Biaya (RAB) ,seharusnya ada pembangunan drenase kiri dan kanan untuk pengairan air jika terjadi hujan, tapi tak dibuatkan sehingga air yg mengalir langsung mengalir ke jalan”, kata UR.

Warga sekitar juga menyayangkan proses kerja kontraktor Cv. Adira Az-Zahra dikarenakan koral yang telah di taburkan, tampa ada pengilasan atau pembadatan dari alat berat dan jalan IDD yang dibangun oleh warga semua retak dan rusak disebabkan oleh alat berat milik pengerjaan tersebut dilalui.

2. Paket Proyek Pembangunan Jambatan objek wisata air panas sungai Medang, No Kontrak:04/kontrak/PL/X/1018/PARBUD/2020, Nilai Kontrak : 199.400.000, Lokasi : Kec.Air Hangat Timur, Pelaksanaan:75 Hari Kaender, Pelaksana: CV.Adira Azzahra.

Dari pantauan awak media BNI.id dilapangan bersama 2 orang warga setempat, terlihat proyek pembangunan jambatan yang sudah ambruk dan dinding pembatas tersebut dinding pembatas itu adalah bangunan lama yang retak dan hampir roboh karena pembangunan proyek jembatan tersebut.

Menurut, Salah seorang tokoh masyarakat yang inisialnya UJ mengatakan kepada awak media bahwa semua proyek pembangunan tersebut yang dikerjakan CV.Azzizah ada bagi persen dengan seorang anggota DPRD Kab. Kerinci yang berisinial ST dengan sistem Oknum anggota DPRD tersebut mendapatkan 17% dari nilai proyek.

Sampai berita ini dimediakan, pihak kontraktor dalam hal ini CV. Adira Az-Zahra saat di konfirmasi tidak berada di tempat dan korlap atau pengawas proyek tersebut juga tidak ingin memberikan informasi sebagai pihak kontraktor.

Kerugian atas rusaknya proyek pembangunan fisik tersebut adalah kerugian yang dialami negara. Pasalnya proyek dengan nilai ratusan juta rupiah dijadikan sebagai bisnis yang terselubung antara Kontraktor dan oknum anggota DPRD Kab.Kerinci. (Roby/05)

Editor : A.R Tjereni