Rel Kuno Usia 100 Tahun Ditemukan Pekerja Aspal Jalan

38

BNI.id, (Malang – Jatim) – Rel kuno berusia sekitar 100 tahun ditemukan ketika pekerja proyek membongkar aspal jalan yang rencananya akan dipasang batu alam andesit. Rabu (11/11/2020).

Sebuah struktur bangunan berupa rel kuno trem kereta ditemukan tepat di kawasan pembangunan Malang Heritage. Rel kuno berusia sekitar 100 tahun ini ditemukan ketika pekerja proyek membongkar aspal jalan yang rencananya akan dipasang batu alam andesit.

Tjahjana Indra Kusuma, sejarawan Malang Raya Heritage mengatakan, rel kuno ini diperkirakan panjangnya sekitar 6 kilometer yang membentang dari Blimbing hingga Jagalan.

“Rel ini dibuka tahun 1903 dan diprediksi ditutup tahun 1959. Ukurannya sesuai dengan standar rel kereta api 1.067 mm,” jelas Indra saat meninjau langsung rel kuno tersebut, Rabu (11/11) hari ini.

Indra menjelaskan kondisi rel kuno ini masih cukup bagus. Namun bantalan yang terbuat dari kayu memang sebagian besar sudah rusak.

Trem ini dulunya berfungsi untuk tujuan angkutan orang dan juga untuk angkutan barang. Seperti dikatakan Indra, wilayah Kayutangan yang ditemukan rel kuno ini merupakan salah satu obyek vital perkotaan Malang zaman dahulu.

“Daerah ini memang dulunya sebagai pusat ekonomi. Seperti central bussiness district. Pusat perekonomian disini. Khasnya Malang itu memang dilintasi trem, “bebernya. (@to’epbni/05).

Editor : A.R Tjereni