Hari Jadi ke-12 Kota Gunungsitoli Laksanakan Panen Raya Perdana

23

BNI.id (Gununsitoli-Nias) – Dalam rangka Hari Jadi ke-12 Kota Gunungsitoli, Pjs Walikota Ir. Abdul Haris Lubis M.Si Laksanakan Panen Raya Perdana Pada lahan Kelompok Tani Fajar Desa Tetehosi Afia, Selasa (10/11/2020).

Pelaksanaan Panen Raya Perdana Tersebut dilaksanakan di Desa Tetehosi Afia kecamatan Gunungsitoli Utara Kota Gunungsitoli Sumatera Utara.

Pjs. Walikota Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si juga membagikan Kartu Tani kepada 5.377 orang petani sebagai alat untuk menjamin kesedian pupuk dan sebagai kartu ATM Bank.

“Dengan pelaksanaan Panen Raya Perdana ini, kita Awali dengan beberapa kegiatan dalam bidang Pertaniaan dengan Pembagian Kartu Tani kepada 5.377 Orang Petani yang berfungsi sebagai Alat Untuk Menjamin Kesediaan Pupuk Bersubsidi dengan prinsip tepat harga, dan bisa digunakan sebagai Kartu ATM di Bank” ungkapnya.

Ia Menambahkan, selain itu ada juga bantuan yang di distribusikan kepada petani sebagai alat tani modern seperti Hentraktor roda 2.

“Ada beberap bantuan yang kita distribusikan untuk membantu para Petani,seperti Hentraktor roda 2 bantuan Bank Indonesia (BI) Cabang Sibolga, ini diperuntukan bagi dua Kelompok Tani dikecamatan Gunungsitoli Utara, Bantua Perluasan Areal 103 Hektar, Bantuan Perluasan pertanian ke pada 57 kelompok tani dengan luas areal 596 hektar dari kementrian RI berupa Benih, Pupuk, Herbisida dan Pertisida,” ucapnya.

Sambungnya lagi, “Dan kita mengharapkan agar bantuan tersebut dapat dipergunakan oleh masyarakat Petani sebaik -baiknya dan terus meningkatkan produktivitas secara berkesinambungan,” tuturnya.

Ketua kelompok Tani Fajar Daliwanolo Zega yang diwawancarai awak media ini mengatakan sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah daerah Gunungsitoli.

“Sangat berterimakasi kepada pemerintah Kota Gunungsitoli atas terpilihnya Lokasi kelompok Tani Fajar Sebagai Hari Jadi Kota Gunungsitoli Yang ke -12 atas dukungan dan bantuan yang diberikan,” ucapnya.

Sambungnya juga, “Semoga kelompok Tani semakin Maju Dan berdaya saing kedepan sehingga para petani tetap diperhatikan, seperti pembangunan irigasi, pembangunan jalan,” harap Daliwanolo.

Dari pantauan awak media BNI.id, pada acara panen raya tersebut, terlihat hadir Forkopinda Kota Gunungsitoli, Sekda kota gunungsitoli, Para Perangkat Daerah Sekota Gunungsitoli, kadis Pertanian ,kadis Perikanan, Kadis Lingkungan hidup kota Gunungsitoli, Pimpinan BNI Cabang Gunungsitoli, Camat Gunungsitoli Utara, Kepala Desa Tetehosi Afia, Dan Seluruh Anggota Kelompok Tani Yang Menerima Kartu Tani. (Fatiwanolo Harefa/05).

Editor : A.R Tjereni