Polres Toba Gelar Latihan Dalmas Jelang Pilkada serentak 2020

16

BNI.Id, (kab Toba – Sumut) – Polres Toba Polda Sumatera Utara menggelar latihan pengendalian massa (Dalmas) dalam menghadapi pemilihan serentak yang akan berlangsung pada tanggal 9 Desember 2020, bertempat di halaman Mapolres Toba, Sabtu, (07/11/2020).

Personil Polres Toba melaksanakan latihan rutin pengendalian massa ( dalmas ) setiap hari guna peningkatan kemampuan dalam kegiatan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 di Kabupaten Toba.

kegiatan pelatihan dipimpin langsung oleh Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya, S.Ik, M.H bersama Wakapolres Toba Kompol Janner Panjaitan, S.H,M.H dan Kabag Ops Polres Toba Kompol Drs. Efendi Sinaga bertempat di halaman Mako Polres Toba.

Dalam latihan dalmas ini bertujuan untuk melatih masing-masing personel, agar kekuatan fisiknya terus terjaga dengan baik. Selain itu, dengan seringnya dilaksanakan latihan, maka personel akan lebih mudah dan lancar untuk melakukan pengamanan.

Dipimpin oleh Danton Dalmas Aiptu Nangin, materi pleton dalmas yang dilatihkan hari ini adalah Formasi Bersaf, Dalmas Awal menggunakan Tali Dalmas, Dalmas lanjut menggunakan tameng dan tongkat, serta latihan cara lapis ganti dari dalmas awal ke dalmas lanjut kemudian latihan menggunakan formasi berlindung dan penggunaan peralatan yaitu helm, tongkat, tameng hingga gas air mata yang harus sesuai Standard Operational Procedure (SOP) dilapangan.

Sementara itu, Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya, S.Ik, M,H menyampaikan, pasukan pleton dalmas dipersiapkan untuk menghadapi demonstrasi serta mengantisipasi terjadinya anarkis.

Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya S.ik, MH juga menjelaskan bahwa latihan dalmas dilakukan dengan tujuan untuk menjaga dan melatih ingatan akan kesiap siagaan personil dilapangan guna meningkatkan ketrampilan dan kemampuan jelang pesta demokrasi Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Toba.dengan materi formasi Dalmas sikap siaga, sikap tempur, dorong maju, Desak maju, dan sikap berlindung.

Dalam proses pengamanan, dengan situasi yang tidak diinginkan hingga harus berhadapan langsung dengan massa, maka Personel sudah dalam keadaan siap,” terang AKBP Akala Fikta Jaya S.ik, MH.(Dison.t/01).

Editor: Hunter