Tim Opsnal Reskrim Polsek Balige dan Silaen Tangkap Pelaku Curanmor Lintas Kabupaten

15

BNI. Id, (kab Toba – Sumut) – Tim Opsnal Reskrim Polsek Balige dan Silaen berhasil mengungkap kasus dan meringkus otak pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) lintas Kabupaten, PP (29) warga Parsoburan Kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (07/11/2020).

Tertangkapnya pelaku ini akhirnya bisa menjawab keresahan warga Kabupaten Toba, Tapanuli Utara dan Kabupaten Humbahas, tempat pelaku sering beraksi mencuri sepeda motor seperti pengakuannya saat diinterogasi.

Kapolsek Balige AKP Agus Salim Siagian melalui Kanit Reskrim IPTU Libertius Siahaan menjelaskan kronologi awal penangkapan pelaku.

Menurut keterangan Kanit. Perburuan terhadap pelaku atas kordinasi dari pihak Polsek Silaen berdasar Laporan Polisi oleh seorang warga dengan nomor: LP/08X/2020/SEK SILAEN, tertanggal 01 Oktober 2020,

Kemudian berlanjut, pihak Unit Reskrim Polsek Balige pada, Jumat (06/11/2020) ada mengamankan 1 (satu ) unit sepeda motor Honda Revo warna hitam tanpa nomor Polisi dari seseorang warga Toba “Saat diinterogasi warga tersebut mengaku membeli sepeda motor dari pelaku PP”. Sebut Libertius

Atas pengakuan warga tersebut dan sehubungan dengan maraknya kasus pencurian sepeda motor di wilayah Kabupaten Toba khususnya di wilayah hukum Polsek Balige, Kapolsek memberi perintah kepada Kanit Reskrim untuk meringkus terduga pelaku dengan cara berpura pura ingin membeli sepeda motor (under cover buy) dari target PP.

Selanjutnya. Siasat menjebak pelaku di atur rapi. Sabtu (07/11/2020) sekira pukul 09.30 WIB, Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Balige dipimpin IPTU Libertius Siahaan bersama anggotanya AIPTU MS Nainggolan, AIPDA RE Aritonang, BRIPKA Javar Tampubolon dan BRIPKA Surya Hamzah berangkat ke Desa Gurgur Aek Raja Kecamatan Tampahan Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, untuk melakukan transaksi sepeda motor dengan pelaku, saat bertemu pelaku belum menunjukan sepeda motor”. Kata Kanit.

Namun diduga mengetahui calon pembeli adalah Polisi, pelaku PP berupaya melarikan diri dengan bersembunyi di perladangan warga.

Tidak mau kehilangan target, Tim Opsnal terus memburu dan menyisir perladangan. di bantu warga sekitar, akhirnya pelaku berhasil ditemukan pada pukul 15.00 WIB.

Saat berhasil di tangkap, amarah warga tidak terbendung akibat rasa geram dan resah atas ulah pelaku yang kemudian Tim Opsnal membawa pelaku PP ke Rumah Sakit HKBP Balige untuk mendapat perawatan medis.

Dari hasil interogasi saat di RS HKBP Balige, pelaku mengaku sering mencuri sepeda motor di daerah Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Taput dan Kabupaten Humbahas”. Ungkap IPTU Libertius Siahaan.

Dikatakan Kanit Reskrim Polsek Balige IPTU Libertius Siahaan lagi kepada awak media, pengungkapan kasus pencurian kendaraan sepeda motor ini merupakan antensi pimpinan.

Aksi yang sangat meresahkan dan merugikan ini membuat masyarakat tak nyaman.

Pelaku ini sudah beberapa kali beraksi dan sudah berhasil mencuri beberapa unit sepeda motor.

Mendapat kabar dari Polsek Balige, Kapolsek Silaen AKP R Tampubolon memerintahkan anggotanya untuk menjemput Pelaku di Mapolsek Balige.

Kapolsek Silaen AKP R. Tampubolon membenarkan pelaku PP sudah di bekuk oleh Tim Opsnal Satreskrim Polsek Balige.

Selanjutnya, Sesuai perintah Kapolres Toba agar seluruh polsek jajarannya segera mengungkap kasus curanmor dan lakukan kordinasi yang baik,” tegas Kapolres.

Dalam kasus ini, kita langsung berkordinasi dengan Polsek Balige,” ucap Kapolsek Silaen.

“Kami juga mengucapkan terimakasih banyak kepada tim Opsnal Reskrim Polsek Balige karena telah berhasil mengungkap kasus curanmor yang telah terjadi di wilayah hukum polsek silaen. Ini merupakan kerjasama dan koordinasi antara Polsek Silaen dan Polsek Balige,” tutup Kapolsek Silaen AKP R Tampubolon.

Sat Reskrim Polsek Silaen masih mendalami dan melakukan pengembangan terhadap PP, sekaitan dengan Pencurian Sepeda motor yang ada di wilayah hukum Polsek Silaen dan Wilayah Kabupaten Toba.

Saat ini pelaku PP sudah di pindahkan ke Mapolsek Silaen guna menjalani proses lebih lanjut.( Dison.t/01).

Editor: Hunter