Polres Toba Gelar Latihan Dalmas Jelang Pilkada Serentak 2020

9

BNI.id, (kab.Toba – Sumut) – Menjaga dan melatih kesiapsiagaan personil dilapangan guna meningkatkan keterampilan dan kemampuan jelang Pilkada serentak tahun 2020. Polres Toba Polda Sumatera Utara menggelar latihan pengendalian massa (Dalmas) bertempat di halaman Mapolres Toba, Sabtu, (07/11/2020) sekira pukul 09.00 sampai pukul 11.00 Wib

Sudah hampir seminggu sejak hari Senin (02/11/2020), Personil Polres Toba melaksanakan latihan rutin pengendalian massa ( dalmas ) setiap hari guna peningkatan kemampuan dalam kegiatan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 di Kabupaten Toba.

kegiatan pelatihan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya, S.Ik, M.H bersama Wakapolres Toba Kompol Janner Panjaitan, S.H,M.H dan Kabag Ops Polres Toba Kompol Drs. Efendi Sinaga bertempat di halaman Mako Polres Toba.

Dalam latihan dalmas ini bertujuan untuk melatih masing-masing personel, agar kekuatan fisiknya terus terjaga dengan baik. Selain itu, dengan seringnya dilaksanakan latihan, maka personel akan lebih mudah dan lancar untuk melakukan pengamanan tersebut

Dipimpin oleh Danton Dalmas Aiptu Nangin, materi pleton dalmas yang dilatihkan hari ini adalah Formasi Bersaf, Dalmas Awal menggunakan Tali Dalmas, Dalmas lanjut menggunakan tameng dan tongkat, serta latihan cara lapis ganti dari dalmas awal ke dalmas lanjut kemudian latihan menggunakan formasi berlindung dan penggunaan peralatan yaitu helm, tongkat, tameng hingga gas air mata yang harus sesuai Standard Operational Procedure (SOP) dilapangan.

Sementara itu, Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya, S.Ik, M,H menyampaikan, pasukan pleton dalmas dipersiapkan untuk menghadapi demonstrasi serta mengantisipasi terjadinya anarkis.

Dengan banyak latihan, para personil akan lebih terlatih dan mudah dakam menghalau massa. Pleton dalmas terus memperdalam teknik dalmas dengan harapan saat melaksanakan tugas pengamanan, anggota di lapangan dapat tampil lebih mahir, terlatih, bertanggung jawab dan tangguh.

Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya S.ik, MH juga menjelaskan bahwa latihan dalmas dilakukan dengan tujuan untuk menjaga dan melatih ingatan akan kesiapsiagaan personil dilapangan guna meningkatkan ketrampilan dan kemampuan jelang pesta demokrasi Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Toba

Ditambahkan, Kegiatan latihan ini akan dilaksanakan secara rutin, karena selain untuk meningkatkan kemampuan juga untuk menjaga kekompakan dan kesiapsiagaan anggota dilapangan.

Dengan materi formasi Dalmas sikap siaga, sikap tempur, dorong maju, Desak maju, dan sikap berlindung.

“Jika nantinya dalam proses pengamanan, kita dihadapi dengan situasi yang tidak diinginkan hingga harus berhadapan langsung dengan massa, maka Personel sudah dalam keadaan siap,” terang AKBP Akala Fikta Jaya S.ik, MH

“Kita berharap nantinya tidak ada terjadi aksi unjuk rasa yang anarkis dalam kontestasi Pilkada ini. Namun setidaknya kita melakukan persiapan awal dengan latihan dan kemampuan penanganan unjuk rasa,” ujarnya. (Dison.t/05)

Editor : A.R Tjereni