Kades Jojame, Diduga Salahgunakan Semen Bantuan Sanitasi Jamban

207

 

BNI.id, (Halsel – Maluku Utara), – Dana Desa sejatinya dipergunakan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat ditujukan untuk penanggulangan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteran masyarakat desa. Bukan meningkatkan kesejahteraan kepala desa, Senin (09/11/2020).

Di desa Jojame Kecamatan Bacan Barat Utara kabupaten Halmahera Selatan, warga sangat menyesalkan sikap kepala desa. Alokasi dana untuk kegiatan sanitasi jamban (wc) yang dikhususkan untuk rumah penduduk kini disoal.

Media ini menemui beberapa warga masyarakat, di desa Jojame yang namanya tidak mau dimediakan. Menguraikan bahwa kegiatan sanitasi jamban banyak yang tidak terlaksana. Pasalnya pemberian satu unit closed, 5 sak semen dan satu staff besi untuk satu rumah. Tanpa disertai penjelasan dan pengarahkan yang tuntas, hingga membingunkan warga masyarakat,” katanya.

“Dalam pengamatan kami, banyak rumah warga yang tidak melaksanakan pembangunan sanitasi jamban (wc), dari hitung-hitung kami kurang lebih 60 rumah lebih yang diarahkan untuk membangun sanitasi jamban, sebagian besar yang belum membangun,”

Sementara itu, Subur Wajhudin. Kepala desa Jojame kecamatan Bacan Barat Utara ketika dikonfirmasi via handphone menjelaskan bahwa untuk pengadaan batuan sanitasi jamban, dialokasikan untuk 114 rumah warga. Dengan total semen 700 sak, besi 200 staff dan juga 114 unit closed. Ketika ditanya total pagu untuk pengadaan sanitasi jamban, kades dengan nada berkelakar menyampaikan ke awak media belum mengingat pasti total dana,” jelasnya.

Dari keterangan warga dan penjelasan Ahwan sapaan kades Jojame. Maka masih banyak sisa semen dan besi. Rinciannya 114 rumah warga jika masing-masing rumah dialokasikan 5 sak semen total semen yang tersalur hanya 570 sak semen, masih tersisa 130 sak semen. Besi dialokasikan per rumah warga 1 staff, tersisa 86 staff dari 200 staf besi.

“Masyarakat dorang kasih tara sampe-sampe, baru kades biking rumah denk pagar saja sama denk istana, bae-bae konk semen bantuan wc kades loku lagi,” kesal warga yang lain. (Ances/03).

Editor : Onetria