Pembina JPKP Resmikan Seminar Peningkatan Kapasitas BPD dalam Pembangunan Desa

11

BNI.id, (Gunungsitoli-Nias) – Ir.Lakhomizaro Zebua, buka dengan resmikan Seminar Peningkatan Kapasitas Badan Permusyarawatan Desa(BPD) Se-Kota Gunungsitoli. Sabtu (07/11/2020).

Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) kota Gunungsitoli laksanakan Seminar Pelatihan Dalam Rangka Percepatan Pembangunan Desa. Pelaksanaan Pelatihan Seminar tersebut di Gedung Gereja BNKP Madala Jln. kalimbungo Kota Gunungsitoli-Nias Sumatera Utara.

Menurut Nara Sumber Pembina JPKP Ir. Lakhomizaro Zebua mengatakan, Tugas Dan Fungsi BPD Berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Permendagri No. 110 Tahun 2016 Tentang Permusyarawatan Desa.

Selain Peraturan Menteri yang dimaksudkan itu, tugas dan fungsi BPD juga termaktub dalam peraturan Daerah Kota Gunungsitoli No.6 Tahun 2018 Tentang Permusyawaratan Desa, Peraturan Walikota No. 42 Tentang Pentunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Gunungsitoli No. 6 Tahun 2018 Tentang Permusyawaratan Desa.

Lakhomozaro Zebua menegaskan, Badan Permusawaratan Desa (BPD) Mempunyai Hubungan Yang bersifat, Kemitraan, Konsultatif, Koordinatif, dalam arti BPD dan Kepala Desa.

“BPD dan Kepala Desa harus Bersinergi dalam mewujudkan tujuan Pembangunan Desa Karena Gunungsitoli Rumah Kita yang harus kita benahi menjadi kota yang berdaya saing dengan Daerah lain,” ucapnya.

Dari pantauan awak media BNI.id, turut hadir dalam acara tersebut yaitu, Kadis PMDK Peniel Harefa S.Sos Gunungsitoli, Menejer UP3 PLN Nias Darwin Simanjuntak dan Seluruh Camat Se-Kota Gunungsitoli, Seluruh BPD Se-Kecamatan Kota Gunungsitoli. (Fatiwanolo Harefa/05)

Editor : A.R Tjereni