Jelang Pilkada Bawaslu Selayar Gelar Rakoor Pengawasan Pemilihan Partisipatif

  • Bagikan

BNI.id, (Selayar – Sulsel) –– Badan Pengawas Pemihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Selayar, menggelar Rapat Koordinasi pengawasan Pemihan partisipatif, di Gedung PKK, Jln. Muh. Krg Bonto, Kelurahan Benteng, Rabu (21/10/2020).

Sebelum secara resmi, Ketua Panitia Andi Marwiyah, SS, MM, melaporkna bahwa sebagai peserta adalah Lurah dan Kepala Lingkungan se Kecamatan Benteng, serta unsur media dan organisasi masyarakat.

A. Marwiah, S Sos, dalam laporannya juga katakan bahwa melakukan pengawasan adalah memahami peraturan perundangan yang berlaku
sebagai tujuan pelaksanaan.

Rakoor tersebut dibuka secara resmi oleh Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulsel, Syaiful Jihad.
Hadir diantaranya, selain Sekda, juga hadir unsur Forkopimda, Kajari, Dandim 1415/Selayar, Kapolres AKBP. Temmangnganro Machmud, Camat Benteng, Masdar J. Pratama, Lurah serta Kepala Lingkungan dalam kota Benteng.

Selain Itu hadir pula beberapa unsur pimpinan organisasi, unsur Pemuda LSM dan Pers semuanya sebagai juga peserta.

Sekda Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M Si, dalam sambutannya mewakili Bupati menyampaikan bahwa pengawasan Pemilihan Partisipatif memang dituntut semua pihak dalam pengawasannya.

“Peran dan fungsi pemerintah dalam pemilihan adalah bagaiman bisa membantu, penyelenggara Pemilu.

“dalam pemilihan, pilihlah pemimpin yang bisa memperbaiki daerahnya dan bukan menjadi pemimpin yang banyak duduk”, kata Sekda Marjani Sultan .

Sementara itu selain Sekda Marjani Sultan membawakan sambutan juga sebagai pembicara dalam Rakoor tersebut serta Kajari, Adi Nuryadin Sucipto, Dandim 1415/Selayar, Letkol Kav. Adi Priatna, Kapolres AKBP. Temmangnganro Machmud, S Ik.

Pimpinan Bawaslu Provinsi Syaiful Jihad mengatakan bahwa Pengawasan bisa dilaksanakan dalam konteks Pemilukada, dan sesuai Satgas Protokol Kesehatan tentang pencegahan Virus Pandemi Covid 19.

Sementara itu, Kapolres AKBP. Temmangnganro Machmud, yang juga jadi pembicara, dengan materi peran Polisi dalam Pemilukada.

Selain itu Dandim 1415/Selayar, Letkol Kav. Adi Priatna juga menjadi pembicara ketiga dengan topik peran TNI dalam Pilkada, adalah memberikan tugas pembantuan.

Pembicara terakhir, Kajari Adi Nuryadin Sucipto yang menjadi pembicara keempat membahas tentang penanganan hukum dalam Pilkada.

Rakor Pengawasan Pemilihan Partisipatif yang dilaksanakan oleh Bawaslu, ditandai penandatanganan Deklarasi Tolak dan lawan politik uang dan politisasi sara dalam Pilkada Selayar Tahun 2020 Berintegritas.

Penandatanganan diawali oleh Sekda Dr. Ir. H. Marjani Sultan, berturut turut disusul pimpinan Bawasku Provinsi, Kajari, Kapolres dan Dandim serta Camat Benteng, disusul Lurah dan para Kepala Lingkungan dan insan Pers. (Rizal/04).

Editor Syam Hunter.

 

 

  • Bagikan
error: Bedah Nusantara