Dispendukcapil Kabupaten Sampang Lakukan Inovasi Sistem Mandiri

  • Bagikan

BNI.id, (Sampang Madura – Jatim) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sberinovasi dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Sampang terkait dokumen kependudukan. Sabtu (17/10/2020).

Salah satu inovasi Dispendukcapil dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat adalah penerbitan administrasi kependudukan (adminduk) sudah bisa dicetak secara mandiri dan dimana dan kapan saja secara online.

Sementara (Plh) Pelaksana harian Kepala Disdukcapil sampang Edi Subianto menjelaskan yang menjadi persyaratan utama dipenuhi adalah memiliki email secara pribadi sehingga (KK) Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran di Sampang bisa dicetak secara mandiri. “jelasnya.
Jumat (16/10/2020).

Jadi masyarakat Kabupaten Sampang, tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan pembuatan sekaligus pencetaan Adminduk, KK ataupun Akte Kelahiran dengan mendatangi kantor Dispendukcapil dengan kemudahan program inovasi ini.

“Dengan catatan masyarakat sudah memenuhi persyaratan yang sudah diajukan kepada Dispendukcapil sebelumnya, ” terangnya.

Untuk Pencetakan Kartu keluarga (KK) dan Akte yang bisa dikakukan secara mandiri, kecuali untuk Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Indetitas Anak (KIA) untuk sistem pembuatannya tetap di kantor Disdukcapil sampang.

Adapun syarat dalam menjalankan pencetakan Adminduk secara online, masyarakat mendatangi Dispendukcapil untuk melampirkan atau memberikan alamat email pribadi yang aktif.

“Setelah dilakukan proses di Capil, maka pemohon akan mendapatkan notifikasi dari Kementerian Dalam Negeri dan mendapatkan nomor pin,” imbuhnya.

Masih lanjut Edi, dalam pencetakan nantinya tidak perlu menggunakan blanko security namun, menggunakan kertas HVS ukuran A4 80 gram.

“Keunggulan dalam pelayanan ini dokumen kependudukan yang sudah ditandatangani secara elektronik tidak perlu lagi dilakukan ligalisir ketika dibutuhkan untuk pelayanan publik yang lain,” jelasnya.

Pihaknya berharap program yang sudah diberlakukan sejak Juli 2020 itu dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat luas di Kabupaten Sampang.

Semoga inovasi kami ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, karena semisal kartu keluarganya sudah tandatangan elektronik ini belum ditemukan, dia bisa mencetak sendiri,” pungkasnya. (@to’ep/05)

Editor : A.R Tjereni

  • Bagikan
error: Bedah Nusantara