20 Mahasiswa Akademi Security AKOM Ikut Pembekalan PKL di Polres Halut

51

BNI.id, (Halut-Malut) – Pembekalan PKL mahasiswa Prodi D1 Security Akademi Komunitas Mapanawang Manado (AKOM) Group 1, Di Polres Halmahera Utara, dan secara resmi dibuka oleh Kapolres Halmahera Utara AKBP. Priyo Utomo Teguh Santoso, S.H., S.I.K., M.Si. Jumat (09/10/2020).

Akademi Komonitas Mapanawang Manado (Akom) Prodi D1 Security dan Wisata adalah akademi pertama di Indonesia yang didirikan oleh Dr.dr Arend L Mapanawang dengan keberadaan kampusnya di Manado Sulawesi Utara.

Peserta PKL angkatan 2020 berjumlah 50 orang dengan pembagian lokasi PKL 20 Orang di Polres Halmahera Utara dan 30 orang di Polda Manado Sulawesi Utara. PKL tersebut selama 2 pekan.

Dr. Arend L Mapanawang, SP.PD, Finasim dalam sambutannya mengatakan bahwa mahasiswa Security yang saat ini melaksanakan PKL, di persiapkan untuk lansung menjangkau lapangan kerja sesuai dengan Kapasitasnya.

“Sebanyak 20 Mahasiswa Pendidikan Security yang melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Polres Halut ini untuk mendapatkan pelatihan, penerapan ilmu kepolisian sebagai bekal di dunia kerja setelah lulus dari akademik ini”, jelasnya Arend.

“Tuntutan keamanan kerja dalam lingkup swasta adalah satu kajian khusus dari president RI melalui Mentri pendidikan sehingga AKOM dapat didirikan guna menjawab tantangan tuntutan tersebut, dan Mahasiswa Security D1 ini juga akan menjadi pamong keamanan dikampung nya saat mereka kembali ke kampung masing-masing,” sambungnya.

Disamping itu Kapolres Halmahera Utara AKBP. Priyo Utomo Teguh Santoso, S.H., S.I.K., M.Si. dalam Sambutannya menyampaikan bahwa Akademi Security yang didirikan oleh AKOM adalah satu terobosan positif dan Kreatif yang pertama di Indonesia guna menekan angka pengangguran dan meningkatkan stabilitas keamanan masyarakat.

“Saya menyambut baik kegiatan ini karena merupakan satu terobosan dan kreatif untuk menekan angka pengangguran di Indonesia dan melalui kegiatan advokasi ini dapat menciptakan sarjana Security yang berguna bagi para user dilapangan kerja,” tuturnya.

“Saat berjalannya proses PKL dan Magang di Polres Halut ini, para mahasiswa Akademi Security ini akan mendapatkan ilmu kepolisian yang sesuai dengan tugas dan tanggungjawab seorang Security,” tutupnya.

Kapolres juga memberikan pesan moril kepada mahasiswa Security bahwa setinggi apapun ilmu yang kita miliki tanpa didasari dengan moral atau akhlak yang baik maka tidak ada gunanya ilmu tersebut.

Kapolres juga membuka dengan reami kegiatan PKL Mahasiswa Security Prodi D1 Akademi Komonitas Mapanawang Manado (AKOM) sekaligus penyamatan tanda Praktek Kerja Lapangan secara resmi. (Ar/05).

Editor : AR Tjereni