Satgas Covid-19 Balige, Kembali Operasi Yustisi

34

BNI.id,(Toba-sumut) – Tim gabungan kembali laksanakan operasi yustisi di wilayah Balige, tim terdiri dari Polres Toba dan Polsek Balige bersama Koramil Balige, BPNB Kabupaten Toba dan Satpol PP, pukul 10.00 Wib. Jumat 18/09/2020.

Operasi yustisi dipusatkan di Sepanjang Jalan Sisingamangaraja/Bundaran Kelurahan Pardede Onan dan Simpang Tiga Jalan Sisingamangaraja, Balige Kecamatan Balige Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, karena mengingat hari ini adalah kegiatan Pasar Tumpah/Onan di Pasar Setiap Jumat.

Operasi Yustisi tersebut sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan juga Peraturan Bupati Toba Nomor 43 Tahun 2020 tanggal 25 Agustus 2020, Tentang Penerapan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Sebelum pelaksanaan operasi diawali dengan apel bersama di Mapolsek Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara dipimpin oleh Kabag Ops Polres Toba Kompol Drs. Efendi Sinaga, didampingi oleh Kapolsek Balige AKP Agus Salim Siagian dan Koramil Balige Serda Zulfiandi Zega dan Satpol PP serta BPNB Kabupaten Toba.

turut hadir Kasat Sabhara Polres Toba AKP Dimun Hutauruk SH, Kasatlantas Polres Toba AKP Viktor Siagian, KBO Sat Sabhara IPTU D. Aritonang, Kanit Binmas Polsek Balige IPTU Marlen Sitanggang, Katim Ops Unit Reskrim AIPTU S. Nainggolan, Kanit Sabhara Polsek Balige AIPTU D. Simamora, Kanit Lantas Polsek Balige AIPTU Rony Hutauruk, AIPDA Anton Siahaan SH, Kanit Provoost Polsek Balige BRIPKA Pandy Siahaan SH, Bhabinkamtibmas BRIPKA Surya Hamzah, Brig Unit Sabhara BRIPKA S. Purba, Brig Unit lantas BRIPKA B. Nainggolan dan BRIPKA Bj. Sihombing.

“Sudah hari yang Kelima pelaksanaan operasi yustisi dan kita lakukan setiap hari dengan melibatkan Kepolisian, TNI, Satpol PP dan BNPB Kabupaten Toba, adapun titik yang menjadi akan menjadi perhatian operasi yustisi adalah Pasar, Tempat Umum, hingga lokasi kerumunan orang,” ujar Kapolsek Balige AKP Agus Salim Siagian di temui di sela-sela kegiatan tersebut.

Menyoal penegakan sanksi terhadap masyarakat yang masih Abaikan protokol kesehatan, AKP Agus Salim Siagian menuturkan, sudah diatur dalam pasal 10 Ayat 2, Peraturan Bupati Toba Nomor 43 Tahun 2020.

Merujuk pasal tersebut berbunyi, setiap orang yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud pada Pasal 10 ayat 2, dikenakan sanksi; Teguran lisan atau teguran tertulis; Kerja sosial; Denda administratif dan Penerapan sanksi lainnya.

Sementara bagi pemilik, pengelola atau penanggung jawab kegiatan usaha sanksinya berupa teguran lisan atau teguran tertulis dan juga dengan penghentian sementara operasional usaha identitas pemilik pengelola, dan pencabutan izin usaha yang di atur di pasal 10 Ayat 3 Perbup No.43 Tahun 2020.

Menurutnya, Operasi Yustisi itu digelar secara serentak, demi keselamatan masyarakat sebagai upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran wabah Covid -19 di Indonesia khususnya Kabupaten Toba.

Operasi Yustisi gabungan akan terus dilakukan dan akan berkelanjutan kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokoler kesehatan.

“Kita ingin masyarakat Kabupaten Toba terbebas penyebaran Covid-19, terlebih virus dan juga sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih berdisiplin untuk mematuhi protokol kesehatan,” pungkas Kapolsek.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Toba KOMPOL Drs.Efendi Sinaga mengatakan kepada media berharap Dengan kehadiran Polri ditengah tengah masyarakat sekaligus bersama pemerintah, TNI/Polri menyampaikan Himbauan Protokol kesehatan sekaligus kepedulian polri membagikan Masker kepada Masyarakat maka berdampak kepada polri sendiri dimana kepercayaan masyarakat terhadap Institusi polri semakin bertumbuh.

Dengan disampaikannya Perbup Bupati No. 43 Tahun 2020 , tentang aturan bagi pelanggar protokol kesehatan sebagai wujud dari aturan tersebut bagi pelanggar akan dikanakan sanksi baik Sosial maupun Denda Materi, sehingga masyarakat akan semakin mengerti dan disiplin dalam menggunakan masker sehingga tercipta masyarakat yg sehat dan kuat, situasi yg aman dan kondusif, pungkasnya. (Dison.t/05)

Editor : A.R Tjereni