Kades Borikamase Gelar Rapat Sosialisasi Rembuk Stunting

33

BNI. Id, ( Maros – Sulsel ) – Salah satu Prioritas Pemerintah sesuai dengan Permendesa Nomor 19/2017 tentang prioritas penggunaan Dana Desa, disebutkan bahwa Dana Desa dapat digunakan untuk kegiatan penanganan Stunting sesuai musyawarah desa.

Dalam hal ini Aswing selaku Kepala Desa Borikamase telah menggelar Rapat Rembuk Stunting yang bertempat di Aula Kantor Desa Borikamase, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, Sulsel, Jum’at, (18/9/2020).

Dalam Rapat Rembuk Stunting turut hadir, Sekcam Maros Baru Drs. Muhammadong, Babinsa Sertu Muhammad Syukur, Pendamping Desa, Puskesmas Maros Baru, PKK dan Kader Posyandu.

Kades Aswing telah menjelaskan manfaat Rembuk Stunting ke Masyarakat bahwa, Pemanfaatan Dana Desa untuk Penanganan Stunting dapat dimulai dari Pemetaan sasaran secara Partisipatif terhadap Warga Desa yang terindikasi perlu mendapat perhatian dalam penanganan Stunting oleh Kader Pemberdayaan di Desa,” terangnya.

Lanjut Kades, lewat Rembuk Stunting Desa, seluruh pemangku kepentingan di desa merumuskan langkah yang diperlukan dalam upaya penanganan Stunting termasuk bekerja sama dengan Dinas Pelayanan yang terkait.

Beberapa kegiatan tersebut seperti Pembangunan atau Rehabilitasi Poskesdes, Polindes dan Posyandu, Penyediaan Makanan Sehat untuk Peningkatan Gizi Balita dan Anak, Perawatan Kesehatan untuk Ibu Hamil dan Menyusui.

Kemudian ada kegiatan Pembangunan Sanitasi dan Air Bersih, lantas melalui Pengadaan Insentif untuk Kader Kesehatan Masyarakat, Pembangunan Rumah Singgah, Pengelolaan Balai Pengobatan Desa, Pengadaan Kebutuhan Medis (makanan, obat-obatan, vitamin, dan lain-lain), Sosialisasi dan edukasi gerakan hidup bersih dan sehat, serta melalui pengadaan ambulans desa yang bisa berupa mobil atau kapal motor di desa yang memiliki kawasan perairan. (06).

Editor : A. Nurul Falah.