PMI Halut, Jangkau Wilayah Terluar Halmahera Utara di HUT PMI Ke-75

68

BNI.id, (Halut-Maluku Utara) – PMI Halut, mencapai daerah perbatasan wilayah yaitu desa Apulea Kec. Loloda Utara. Kamis 17/09/2020.

Dalam rangka HUT PMI Ke- 75 Tahun 2020 yang jatuh pada tanggal 17 September 2020 ini, PMI Halmahera Utara menjangkau wilayah terluar Halmahera Utara untuk misi kamanusian.

Sebagai Organisasi Kemanusian terbesar di Indonesia, PMI terus berupaya hadir di tengah-tengah masyarakat guna membantu pemerintah memberikan solusi untuk persoalan kamanusian dan mendampingi masyarakat dalam menghadapi bencana baik bencana alam maupun bencana non alam.

Peran PMI ini sebagaimana yang di sampaikan Sekretaris Jendral PMI Sudirman Said yang dilansir dari ANTARA, Jakarta 16/09, mengatakan di usia PMI yang sama tuanya dengan usia Republik Indonesia, PMI telah menjadi saksi perjalanan sejarah bangsa dan selalu terlibat dalam aksi-aksi kemanusiaan di Indonesia.

“Kami ingin menjaga peran itu, mendampingi masyarakat, membantu pemerintah untuk memberi solusi berbagai persoalan kemanusiaan,” kata Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said melalui keterangan tertulis kepada ANTARA, Jakarta, Rabu.

Peranan PMI tersebut juga menjadi perhatian untuk PMI Halmahera Utara yang terus melebarkan sayap menggapai masyarakat di daerah terluar wilayah Halmahera Utara dari tanggal 12-16 September 2020.

Keberadaan PMI Halut dalam menjalankan tugas Kemanusian di tengah-tengah masyarakat sangat besar dirasakan. Pasalnya PMI Halut dalam menjalankan misi kemanusiaannya selalu menjadi yang terdepan saat terjadi bencana baik bencana alam maupun bencana non alam.

Ketua PMI Halut Dr.dr.Arend L Mapanawang, SP.PD, Finasim kepada awak media BNI.id mengatakan, keterbatasan kapasitas Operasional yang dimiliki PMI Halut tidak menjadikan PMI Halut ini membatasi kegiatan dan tindakan dalam menjalankan tugas Kemanusian di wilayah Halmahera Utara.

“Dari segi kapasitas Operasional PMI Halut, memang masih menjadi persoalan karena banyak kekurangan yang kami miliki apalagi mengenai Dana operasional dalam melaksanakan tugas Kemanusian ini, namun bukan berarti kami harus diam dan menunggu itu”. ucapnya Arend Ketua PMI Halut.

Dengan keterbatasan kapasitas Operasional PMI Halut yang ada, namun PMI Halut mampu dan terus bergerak untuk menjalankan tugas Kemanusian tersebut.

Salah satu langka sukses dalam menjalankan misi Kemanusian oleh PMI Halut adalah keberhasilan PMI Halut mencapai wilayah terluar Halmahera Utara dalam menjalankan tugas Kemanusian tersebut.

“Kami melakukan kegiatan sosialisasi tentang Covid-19, PHBS, cuci tangan untuk menjaga kebersihan diri pada siswa SD, SMP dan SMA/SMK dan kami juga akan melakukan pemeriksaan golongan darah pada siswa tersebut serta membangun sistem Komonikasi dan informasi dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana khususnya di daerah terluar wilayah Halut tepatnya di desa Asimiro dan Apulea kec. Loloda Utara yang merupakan desa diperbatasan wilayah antara Halut dan Halbar”. jelasnya.

Arend menambahkan lagi, “kec.Loloda Utara merupakan wilayah terluar Halmahera Utara, dengan wilayah yang sangat rentan terhadap bencana alam khususnya, maka kami PMI Halut dalam melihat kondisi tersebut kami membangun posko kesiapsiagaan bencana sebagai jaringan informasi dan Komonikasi serta memberikan pelatihan kepada masyarakat dalam bentuk tim siaga bencana berbasis masyarakat agar ketika terjadi bencana alam, masyarakat sudah memahami apa yang dilakukannya untuk meminimalisir korban jiwa ataupun harta yang diakibatkan oleh bencana tersebut”. tegasnya.

Kepala Markas PMI Halut yang juga sebagai Sekertaris A.Rahman Tjereni kepada awak media juga mengatakan, PMI sebagai organisasi kemanusian dan Mitra pemerintah akan selalu melaksanakan tanggunjawab dalam misi Kemanusian sebagaimana dilegitimasi dalam UU no 1 Tahun 2018 tentang kepalangmerahan dan Peraturan Pemerintah no 7 tahun 2019 tentang petunjuk pelaksana UU no 1 tahun 2018.

“Tentu saja Program ini merupakan program prioritas PMI Halut, untuk membantu Pemda Halut dalam menyikapi persoalan Kemanusian di Halmahera Utara, sebagaimana peranan PMI untuk mendampingi masyarakat yang rentan terhadap bencana, semoga Pemda Halut memberikan dukungan penuh kepada PMI Halut untuk melaksanakan tugas dan misi Kemanusian ini.” harapnya.

Rangkaian kegiatan PMI Halmahera Utara tersebut bertepatan dengan HUT PMI Ke-75 Tahun 2020, Semoga PMI Halut selalu berkembangan dan sukses dalam setiap aksi-aksi Kemanusian. “Dirgahayu HUT PMI Ke-75 Tanggal 17 September 2020.” (Ar/05)

Editor : A.R Tjereni