Walikota Surabaya; Warga Pendatang Baru Wajib Tes Swab

13

BNI.id, (Surabaya – Jatim) – Walikota Madya Surabaya menghimbau kepada warga baru yang masuk kota Surabaya untuk lakukan Sweb di Balai Kota Surabaya.
Selasa 15/09/2020.

Mengantisipasi dan mencegah penyebaran COVID-19, Walikotamadya Surabaya Tri Rismaharini telah mendiskusikan bagaimana tindakan terhadap pendatang baru dari luar kota. Para pendatang dari luar kota harus melakukan tes swab terlebih dulu.

“Bagi pendatang baru yang bukan warga Surabaya, pemkot akan membuatkan surat edaran. Jika menerima tamu dari luar kota agar dilakukan swab terlebih dulu karena sekarang rapid sudah nggak ada lagi, Jadi kita lakukan swab,” kata Risma di Balai Kota.

Risma menjelaskan lagi, “Kita bisa melakukan, harga reagennya sekitar Rp 500 ribu, kita bisa bayar Rp 600 ribu, kalau di tempat lain 1 juta sekian. Cuman, masalahnya kita baru mempelajari apa perda kita membolehkan untuk itu. Kalau warga Surabaya kita sudah siapkan gratis 24 jam, “jelas Ibu Risma panggilan akrabnya.

Ibu Risma mengatakan untuk pendatang baru diwajibkan test swab jika menginap di Surabaya. Selain itu pemkot juga menyiapkan beberapa tempat untuk pemeriksaan.

“Jadi nanti kita siapkan untuk para tamu, terutama yang menginap (di Surabaya) untuk melakukan beberapa tahapan itu, “Jelasnya.

Sementara untuk warga kota Surabaya, pemkot sudah menyiapkan tempat tes swab 24 jam di (Labkesda) Laboratorium Kesehatan Daerah.

Misalkan aku warga Surabaya, pergi ke luar kota, sebelum masuk rumah supaya aman, aku kembali ke Kota Surabaya kita lakukan swab terlebih dahulu di labkesda 24 jam dan gratis untuk warga Surabaya, “pungkasnya. (@to’ep/05).

Editor : A.R Tjereni