Kesadaran Individu Langkah Utama Preventif Wabah Covid-19

348

BNI.id, (Halut – Malut) – Kesadaran Individu Langkah utama preventif Covid-19, karena tanpa kesadaran segala bentuk tindakan pencegahan tidak akan pernah berarti. Jumat 11/09/2020.

Kaum muda menjadi kelompok masyarakat yang memiliki jangkauan luas dan sumber daya potensial untuk mendorong kebijakan yang efektif dalam memastikan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Halmahera Utara khususnya dan Maluku Utara umumnya.

Meski pemerintah pusat, daerah, dan organisasi kemanusian (PMI) sudah mengambil berbagai langkah strategis untuk upaya memutus rantai penyebaran wabah Covid-19, tapi peran kaum muda untuk aktif memastikan advokasi kesehatan masyarakat sangatlah penting.

Memang tidaklah muda untuk mejalankan suatu kebiasan baru dalam langkah dan aktivitas keseharian kita, namun dengan kesadaran diri dan rasa tanggungjawab kepada orang-orang disekitar kita, dalam lingkungan keluarga dan masyarakat, sudah tentu mau dan tidak mau, siap dan tidak siap kondisi atau situasi pandemi ini sudah berada disekitar kita bahkan di tengah-tengah kehidupan kita.

Maka dari itu, seluruh pemuda harus melakukan langkah preventif dengan menjalankan disiplin individu dan disiplin kolektif.

Disiplin individu artinya mematuhi segala himbauan dan peraturan pemerintah seperti memakai masker, mencuci tangan, dan physical distancing.

Sedangkan disiplin kolektif yaitu menegur orang-orang sekitar yang masih berkumpul dan tidak mematuhi imbauan serta peraturan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran covid-19.

Cara yang paling efektif untuk mencegah penularan virus Covid-19 tersebut yang paling pertama dan utama adalah kesadaran individu masing-masing dengan sering mencuci tangan pakai sabun, memakai masker ketika berada di luar rumah, hindari kerumunan dan selalu menjaga imun tubuh dengan makan makanan yang sehat serta berolah raga.

Semoga dengan kesadaran yang kita miliki terhadap situasi atau kondisi Pandemi Covid-19 ini, dapat mempengaruhi orang lain untuk bertindak sesuai dengan apa yang telah kita lakukan sebagai pemuda dalam upaya mencegah memutuskan rantai Penyebaran wabah Covid-19 di Halmahera Utara khususnya dan Maluku Utara umumnya.

Sehingga kita dapat bersama-sama melewati kondisi atau situasi pandemi covid19 ini untuk kelangsungan hidup kita dan orang-orang yang kita cintai disekitar kita untuk melangkah menuju cita-cita masa depan yang gemilang. Amin…

Penulis : A.Rahman Tjereni
Kepala Markas PMI Halmahera Utara