KPU Gunungsitoli Gelar Pleno Terbuka Pemutakhiran Data Pemilih Sementara

16

BNI.id, (Gunungsitoli – Nias) – Komisi Pemilihan Umum Kota Gunungsitoli (KPU) menggelar rapat rekapitulasi Data hasil pemilihan pemutakhiran (DPHP) dan penetapan daftar pemilih sementara (DPS), Kamis (10/09/2020).

Pemutakhiran data tingkat Kota Gunungsitoli untuk Pilkada 2020 pemilihan Walikota dan wakil Walikota Gunungsitoli dilaksanakan di Grand Kartika Resto Gunungsitoli.

Rapat yang digelar tersebut, dihadiri Komisioner KPU Kota Gunungsitoli, Bawasluh Kota Gunungsitoli, perwakilan dari Polres Nias, Kodim 0213 Nias, Walikota Gunungsitoli, Kesbangpol Gunungsitoli, pimpinan partai politik, tokoh agama dan PPK SeKota Gunungsitoli menetapkan DPS pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli.

Ketua Komisi Pemilihan Umum kota Gunungsitoli Firman Novrianto Gea menjelaskan,
“penetapan daftar pemilih sementara berdasarkan verifikasi dari daftar pemilih hasil pemutakhiran data pemilih dengan total pemilih sebanyak 97.709 orang dan dilakukan rekap secara berjenjang dari tingkat PPS dan KPU”, jelasnya.

“Dan mulai tanggal 15 Juli sampai 13 Agustus 2020 lalu, petugas PPDP telah mendatangi langsung Rumah penduduk dari pintu kepintu untuk mencocokan dan meneliti daftar pemilih,” tambahnya.

Lanjutnya lagi, ” kemudian dilakukan rekap secara berjenjang mulai dari tingkat PPS, PPK dan terakhir di tingkat KPU Kota Gunungsitoli, sekaligus ditetapkan sebagai daftar pemilih sementara tahun 2020,” ungkapnya.

Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Kota Gunungsitoli yang tediri dari 6 kecamatan, 101 desa / kelurahan dan 306 TPS ditetapkan sebanyak 42.040 pemilih laki-laki dan 46.819 pemilihan perempuan, total 88.859. (Fatiwanolo H/05)

Editor : A.R Tjereni