Plt Sekda Halut, Resmikan Whastafel Cuci Tangan dari PMI Halut

37

BNI.id, (Halut-Maluku Utara) – Plt.Sekda Halut Yudihart Noya, SP.MH, meresmikan Whastafel tempat cuci tangan untuk umum yang di bangun PMI-Halut di lokasi Monumen Air Nusantara Tobelo. Selasa (08/09/2020).

Upaya memutus rantai penyebaran wabah corona virus Disease 2019 (Covid-19) yang menjadi masalah Pandemi. Palang Merah Indonesia (PMI) Halmahera Utara disamping dengan kegiatan-kegiatan Spraying Disinfektan juga membangun Whastafel tempat cuci tangan untuk umum.

Dalam acara peresmian tersebut, terlihat yang hadir ; Plt.Sekda Halut Yudihart Noya SP. MH, Kepala BLH Halut Samud Taha SP, M.si, didampingi Sekertaris Silvano Hangewa S.sos, MH serta jajarannya, dan Sekretaris PMI Halut A.Rahman Tjereni serta Relawan PMI Halut.

Kepala BLH Halmahera Utara Samud Taha, dalam arahannya sebagai laporannya menyampaikan, “Ada 2 unit kendaraan (viar) yang dilengkapi dengan alat penyemprot disinfektan, kelengkapan ini adalah bantuan dari BUMN yang akan kami gunakan khusus untuk penyemprot disinfektan di lingkungan masyarakat”. ucapnya.

Samud menambahkan lagi, “kami juga berterima kasih kepada PMI Halut atas kerjasamanya yang telah menyediakan wastafel cuci tangan untuk umum dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan segala kapasitas yang terbatas namun mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai Organisasi Kemanusian”. tuturnya.

Sekda Halmahera Utara (plt) Yudihart Noya, SP.MH, dalam arahannya juga berterima kasih dan mengapresiasi PMI Halut yang telah bekerjasama dengan pemerintah daerah Halmahera Utara dari awal pembentukan tim gugus covid-19 Halut sampai hari ini tetap eksis dalam kegiatan Kemanusian.

“Atas nama Bupati dan Pemerintah Daerah, saya mewakili mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PMI Halut atas kerjasamanya selama ini untuk tugas Kemanusian”. ucapnya.

“Kepada relawan PMI Halut, kami Pemerintah Daerah mengapresiasi segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh adik-adik relawan PMI Halut dalam upaya memutus rantai penyebaran covid19 di Halut ini. ucap sekda Halut.

Yudihart Noya menambahkan lagi, “Semoga kerjasama ini terus terjalin sebagai bentuk tanggungjawab kita kepada masyarakat, dalam tindakan-tindakan kemanusian, dan saat ini wabah Covid-19 khususnya di Halut sudah pada tingkat kewaspadaan, untuk itu masyarakat umum harus tetap waspada dan wajib menggunakan masker, mencuci tangan dan tetap menjaga jarak dalam setiap aktivitas keseharian,” tutupnya.

Yudihart Noya, Kemudian melanjutkan dengan mencuci tangan di whastafe yang disediakan PMI Halut dan penyerahan alat dan kelengkapan APD kepada Grew Petugas BLH.

Pada kesempatan yang sama Staf Markas PMI Halut Desti F. Lego yang juga sebagai koordinator dalam kegiatan tersebut mengatakan, pemilihan lokasi penentuan untuk diletakkannya whastafe cuci tangan ini melalui hasil asessment yang dilakukan pada minggu sebelumnya.

“Penentuan lokasi untuk penempatan whastafe cuci tangan ini melalui assesment yang kami lakukan pada minggu lalu, dengan pertimbangan dilokasi ini setiap hari menjadi pusat keramaian warga tobelo dan sekitarnya”. katanya.

Sementara itu Kepala Markas Halut A.Rahman yang mewakili ketua PMI Halut kepada awak media BNI.id menjelaskan, “Ada 3 unit whastafe tempat cuci tangan untuk umum, dan akan diletakan di lokasi atau titik-titik keramaian dan whastafe ini adalah bantuan dari Palang Merah Amerika (American Red Cross) melalui PMI pusat yang diserahkan kepada PMI Provinsi Maluku Utara untuk dibagikan ke PMI kota dan Kabupaten”. katanya, Arman panggilan akrabnya.

Tambahnya lagi “PMI Halut akan selalu berupaya Melaksankan tugas Kemanusian sebagaimana misi dan fungsi Palang Merah Indonesia (PMI) yang diamanatkan melalui UU no.1 tahun 2018 tentang kepalangmerahan dan peraturan pemerintah no.7 tahun 2019 tentang aturan pelaksana UU kepalangmerahan.

Untuk itu PMI Halut dalam menjalankan misi dan fungsinya sebagai satu-satunya organisasi Kemanusian yang termaktub dalam UU, mengharapkan dukungan penuh dari pemerintah daerah dan masyarakat Halmahera Utara”. Jelas Arman. (Ar_red./05)

Editor : A.R