Pelayanan IGD RSUD Tobelo Berjalan Normal

6

BNI.id, (Halut-Maluku Utara) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tobelo Halmahera Utara, tetap beroperasi sebagaimana mestinya, lebih lagi pada pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), meski sejumlah perawat dan dokter diduga terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (Covid),Seperti yang dilansir dari akun resmi Facebook (FB) Humas Pemda Halut .Selasa, (25/08/2020).

Kepala Dinas Komunikasi, Telekomunikasi dan Persandian kabupaten Halmahera Utara, Deky Tawaris menjelaskan meski sejumlah perawat dan dokter di RSUD terkonfirmasi positif Covid namun pelayanan kesehatan tetap dibuka.

”jadi ada dua dokter di RSUD yang positif Covid dan sejumlah perawat di lakukan swab dan hasil rapat dengan bupati memastikan bahwa IGD tetap beroperasi seperti biasa,” kata Deky Tawaris.

Menurut Deky, pada hasil rapat juga ada pengaturan untuk dokter dan tenaga perawat bertugas di IGD RSUD Tobelo,” dokter puskesmas dan perawat di perbantukan di IGD dan diatur secara bergantian,” ujarnya.

Deky mengatakan dengan menjunjung tinggi protokol kesehatan Covid jika ada yang terkonfirmasi positif Covid maka tidak ada yang dilayani dan dilakukan karantina,” karena itu, ada strategi yang kita ambil untuk RSUD tetap beroperasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekertaris RSUD Tobelo, Said Kudo menambahkan hingga kini pelayanan terhadap pasien di RSUD Tobelo tetap berjalan normal,” tegas Said.

Lanjut Said, pihaknya mengambil langkah untuk menyemprot semua ruangan dengan cairan disenfektan sebab ada pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, di pindahkan keruangan khusus sehingga perlu di semprot disinfektan.

“Memang ada dua dokter RSUD yang di duga terkonfirmasi positif Covid-19, oleh karena itu semua tenaga medis yang kontak langsung dengan dokter tersebut harus dilakukan Swab, dan di anjurkan untuk isolasi mandiri di rumah, sehingga untuk tenaga medis dan dokter kita datangkan dari puskesmas sebayak 10 orang dokter, 12 orang bidan dan 20 orang perawat yang bertugas di Instalasi Gawat Darurat (IGD).” jelasnya.

Lebih jauh Said juga menambahkan pasien-pasien yang kini sedang dirawat di RSUD tetap mendapat perawatan medis seperti biasanya begitu juga masyarakat yang membutuhkan pelayanan di RSUD Tobelo dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

“Yang pasti pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di RSUD berjalan normal dan tidak ada penutupan,” pungkasnya.

Jadi informasi yang beredar di media sosial yang menuliskan RSUD Tobelo menutup dan tidak menerima pasien adalah informasi Hoax (bohong). (Arman/05).

Editor : A.Tjereni