Dampak Covid-19, Pemkab Tanah Datar Diduga “Bohongi” Warga

15

BNI.id, (Kab.Tanah Datar Sumbar) –              Bantuan Sosial Tuna i(BST), Tanah Datar, tak jelas dengan kepastian kapan akan dibagikannya. Masyarakat yang terdampak Covid-19, yang berada di Tanah Datar,(Sumbar), sudah mulai resah, juga pertanyakan tentang kapan dana, yang namanya, BST, dari kabupaten Tanah Datar ini, akan dibagikan.

Melalui lembaga, Masyarakat Peduli Tanah Datar (MPTD) juga sudah pertanyakan, tentang keluhan masyarakat yang sampai hari ini,  belum juga dibagikan, hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Riadi, ke awak media ini.Rabu, (6/8/2020)

Riadi merasa kecewa, dengan pemerintah daerah yang sangat, kurang memperhatikan masyarakat yang sudah terdampak Covid ini, padahal janji pemerintah kabupaten tanah datar ini sudah janji akan di bagikan di bulan juli.

Namun ada penundaan,dan di janjikan kembali sampai dengan 4 agustus, tapi sampai sekarang belum juga dibagikan, Riadi sangat kecewa akan kinerja pemerintahan daerah kabupaten Tanah Datar ini.

Hal ini dikonfirmasi kepada kepada Wakil ketua DPRD, Anton Yondra, mengatakan, Dalam pembagian dana Bantuan Sosial Tunai (BST) ini, kami dari Dewan tidak, dikasih tau secara tertulis, dengan perkembangan BST ini.

Dengan ada masalah seperti ini pihak Pemeritah Daerah(Pemda) hanya mengasih tau lewat lisan saja ujar Anton.
Namun Anton Yondra, tetap akan membahas ini di rapat komisi di DPRD Tanah Datar.

“kita akan kumpulkan ketua Fraksi untuk membahas hari ini juga, dan kita akan panggil kepala dinas sosial dan sekretaris daerah.” ungkapnya.

Setelah pertemuan dengan seluruh fraksi DPRD tanah Datar Anton juga menerangkan.

“Keputusan rapat internal DPRD bahwa DPRD masih tetap berpegang pada pembahasan recofusing terakhir,” Lanjutnya “Dan mengenai rencana pemotongan anggaran bantuan akan dibicarakan lebih lanjut antara banggar dan TAPD”

Sekretaris Daerah, PLH, Edi Susanto, ketika di konsfirmasi, mengatakan, kita sedang mengadakan pembahasan di DPRD ujarnya. Dan ketika ditanyakan tentang pencairan BST, memang ditunda, dengan batas waktu yang belum ditentukan, namun kita akan usahakan di bulan Agus ini ujarnya melalui via telpon.

Kepala dinas Sosial (Dinsos) Tanah Datar, Yuhardi, mengatakan, kami sekarang menunggu perintah, dan menunggu anggaran  masuk  kerekening dinas , dan kami siap untuk menyalurkan kepada masyarakat.” jelasnya.

Lebih lanjut Yuhardi menyampaikan
,Data penerima sudah lengkap, dan dinas  tinggal mensurati saja sebagai  pemberitahuan kepada nagari-nagari.” tutupnya.(Ron/01).

Editor: Hunter