Kalapas Way Kanan Ajarkan Napi Bercocok Tanam

33

BNI.Id, (Way Kanan-Lampung) – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Way Kanan, tak henti-hentinya melakukan program pembinaan kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), kegiatan pembekalan ketrampilan dilakukan bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Way Kanan. Selasa (28/7/2020).

Usai sukses melakukan penanaman dan panen labu kuning dua bulan lalu, kini Lapas Way Kanan berhasil memanen kacang tanah di areal Sarana Asimilasi dan Edukasi Lapas Way Kanan, demikian disampaikan oleh Kepala Lapas Kelas II B Way Kanan Syarpani saat panen raya kacang tanah bersama pejabat dan pegawai.

“Ya hari ini kita panen kacang tanah seluas 1 hektar namun hasilnya belum dihitung, kacang tanah yang ditanam merupakan kacang tanah organik, karena tidak dipupuk dengan menggunakan bahan kimia” Ucap Syarpani.

Syarpani menyampaikan, bahwa sekitar 20 napi yang kelola baik lahan dalam dan luar lapas.

“Ada 20 Napi kita pekerjakan setelah diberi pelatihan oleh dinas terkait, saya berharap tidak hanya sebatas area Lapas Way Kanan saja, tetapi sukses dalam bercocok tanam ini dapat menjadi modal hidup bagi WBP ketika kembali menjalani hidup bermasyarakat”, tutupnya

Sementara itu Kasi Pembinaan dan Anak Didik Herman, sangat mengapresiasi dengan hasil panen kacang tanah yg dihasilkan oleh WBP Lapas Way Kanan.

“Hasil panen ini sangat memuaskan dan akan kita pasarkan di wilayah lokal saja, kedepannya tidak hanya dua jenis tanaman ini saja yang akan dikembangkan oleh Lapas Way Kanan, tetapi juga jenis tanaman atau sayuran yang berbeda agar pengetahuan WBP Lapas Way Kanan dapat terus bertambah, khususnya dalam bidang pertanian” Pungkas Herman. (Sam’un/05)

Editor : Endra