Wairwasum Polri Gelar Wastoring MEA Program Quick Wins Renstra di Polda Kaltara

23

BNI.id, (Tanjung Selor – Kaltara) – Dalam rangka pengawasan dan monitoring (Wastoring) pelaksanaan Monitoring, Evaluasi dan Asistensi (MEA) Program Quick Wins Renstra Polri, Tim Itwasum Polri mengunjungi Polda Kaltara, Rabu (22/07/2020).

Wastoring giat pelaksanaan monitoring, evaluasi dan asistensi (MEA) Program Quick Wins Renstra Polri yang merupakan Giat 6 dan Giat 7 ini dilaksanakan di Gedung Command Center Mako Polda Kaltara.

Adapun pelaksanaan monitoring, evaluasi dan asistensi (MEA) tersebut dipimpin Kapolda Kaltara Irjen Pol. Drs. Indrajit, S.H dan dihadiri Wairwasum Polri Irjen Pol. Umar Septono, S.H., M.H beserta Tim, Waka Polda Kaltara, Irwasda Polda Kaltara, dan sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda Kaltara.

Dalam giat tersebut ada beberapa Penekanan dari Wairwasum Polri Irjen Pol. Drs.Umar Septono, S.H., M.H. Di antaranya Quick Wins Polri merupakan program prioritas dan sudah didukung anggaran. Untuk itu penyerapannya harus di prioritaskan.

Kedua; agar para penanggung jawab Kegiatan VI dan kegiatan VII pada program Quick Wins Polri betul-betul memperhatikan rencana aksi yang telah ditetapkan. Sehingga capaian keberhasilan yang ingin diraih dan penyerapan anggarannya dapat terlaksana dengan optimal.

Ketiga; laksanakan tugas yang diberikan dengan ikhlas, bahwa tugas yang kita laksanakan adalah semata mata untuk memajukan Polri.

Keempat; terus melaksanakan koordinasi dengan tim evaluator, guna memperoleh masukan – masukan positif dan konstruktif. Baik pada kegiatan VI maupun kegiatan VII, sehingga apa yang sudah dijabarkan dalam rencana aksi seluruhnya dapat terlaksana.

Kelima; hasil yang telah dicapai kiranya dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan dalam rangka mewujudkan Polri yang promoter, khususnya pada jajaran Polda Kalimantan Utara.

“Keenam; lakukan sinkronisasi dengan kegiatan prioritas Kapolri dan Satgas – Satgas yang telah dibentuk pada tingkat kewilayahan, sehingga tidak terjadi tumpang tindih atau duplikasi kegiatan dan anggaran,” jelas Irjen Pol. Drs.Umar Septono, S.H., M.H.

Selanjutnya Tim Monitoring, evaluasi dan asistensi Irwasum Polri melaksanakan evaluasi terhadap masing – masing operator pada Satker Polda Kaltara.

Adapun hal-hal yang menjadi catatan oleh tim Irwasum di antaranya, pada Quick Wins giat 7, bidang propam Polda Kaltara belum ada melaksanakan kegiatan sosialisasi terkait WBS, barang mewah dan izin usaha.

Refocusing anggaran menjadi Rp 26.295.000 dan sisanya sebesar Rp 3.319.000. Operator yang membidangi giat Quick Wins pada bidang propam diganti, sehingga operator yang baru belum memahami rencana aksi untuk giat tersebut.

Kemudian pada Quick Wins giat 6, operator yang membidangi giat Quick Wins pada bidang Humas Polda Kaltara telah diganti, sehingga personel yang bersangkutan belum memahami rencana aksi untuk giat tersebut.

Kemudian juga ada beberapa catatan dari hasil Anev untuk giat monitoring, evaluasi dan asistensi program Quick Wins pada giat VI dan VII oleh Personil itwasda Polda Kaltara.

Pertama; masing – masing operator Satker belum secara optimal melengkapi bukti pendukung sesuai kisi – kisi yang telah diberikan oleh itwasda Polda Kaltara.

Kedua; ada beberapa Satker Polda Kaltara terdapat operator untuk program Quick Wins diganti sehingga personel yang baru belum memahami rencana aksi untuk program tersebut.

“Ketiga; kunci keberhasilan dari implementasi Quick Wins ini sangat bergantung dari konsistensi masing – masing operator dalam menjalankan program, sasaran, target dan ukuran keberhasilan yang telah di rencanakan” terang Wairwasum. (Peri/03).

Editor : Onetria