KPU Tikep Gelar Apel Kesiapan Gerakan Coklit Serentak

19

BNI.id, (Tidore – Maluku Utara) – Komisi Pemilihan Umum Kota Tidore Kepulauan menggelar apel kesiapan gerakan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih, di halaman kantor KPU Kota Tikep, sekitar pukul 09.00 WIT, Sabtu (18/07/2020).

Kegiatan ini merupakan apel serentak yang digelar 270 daerah di Indonesia yang melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020.

Ketua KPU Kota Tikep, Abdullah Dahlan mengatakan hak pilih merupakan salah satu syarat fundamental bagi negara yang menganut sistem demokrasi. Dalam konteks pemilihan di Indonesia, sistem pendaftaran pemilih merupakan salah satu hal penting dalam setiap pemilihan.

“Hak untuk memilih adalah hak dasar warga yang dijamin oleh UUD 1945,” kata Abdullah yang bertindak sebagai pembina apel di kantor KPU Kota Tikep.

Oleh karena itu kata dia, sistem pendaftaran pemilih dibuat secara komprehensif, akurat dan mutakhir.

“Tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan krusial dan strategis dalam penyelenggaraan pemilihan,” katanya.

Apalagi lanjut dia, pelaksanaan kegiatan Coklit ditengah situasi sulit karena pandemik Covid-19 . “Untuk itu, guna menggelorakan pemutakhiran data serentak, KPU RI secara nasional menggelar gerakan klik dan coklit serentak,” ucapnya.

Ia menjelaskan, melalui gerakan klik serentak ini, warga secara mandiri dapat mengecek dirinya terdaftar sebagai pemilih di website lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Sementara Coklit adalah upaya KPU dalam meningkatkan kualitas data pemilih sebelum ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Petugas PPDP harus tetap menjaga protokol covid-19. Jangan lupa 3 M, yaitu Mencentang, Mencoret, Memperbaiki dan Mencoret,” katanya.

Sementara komisiner KPU Provinsi Maluku Utara Safrina Kamaruddin mengingatkan pada seluruh penyelenggara agar selalu menjaga integritas dalam menjalankan tugas. “Integritas adalah harga mati seorang penyelenggara,” kata Safrina yang menyampaikan sambutan pada apel siaga di KPU Kota Tikep.

Ia mengingatkan agar petugas pemutakhiran tetap menjaga ptotokol kesehatan covid-19. “Melindungi hak pilih warga, juga lindungi kesehatan mereka,” ucapnya.

Selain apel siaga coklit di kantor KPU Kota Tikep, apel siaga juga digelar di 7 titik lainnya di wilayah Kota Tikep, yakni di kecamatan Tidore Timur (Pembina Upacara Anggota PPK), Tidore Selatan (pembina upacara, komisioner Ismail Idris), Tidore Utara (pembina upacara, komisioner Abjan Kasim), Oba Utara (pembina apel, komisioner Abdulharis Doa), Oba Tengah (pembina upacara, komisioner Amirudin Ais), Oba (pembina apel, anggota PPK) dan Oba Selatan (pembina apel, anggota PPK).

Gerakan Coklit serentak di Kota Tikep diikuti 533 penyelenggara, terdiri dari 5 Komisioner KPU Kota Tikep, 40 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), 267 Panitia Pemungutan Suara (PPS), 221 PPDP. (Red/03)

Editor : Onetria