Sejumlah Warung Makan Lecehkan Himbauan Bupati Halmahera Utara

27

BNI.id, (Halut – Maluku Utara) – Sejumlah pelaku usaha (warung makan) masih dibuka sampai pada pukul 01:28 Wit, padahal sudah ada edaran Bupati Halut Frans Manery, hanya bisa di buka pukul 06:00 Wit sampai dengan 23:00 Wit, Kamis (16/07/2020).

Bupati Halmahera Utara dan juga Ketua Satgas Covid19 Halmahera Utara, menimbang untuk kesinambungan berusaha dan upaya menggerakkan roda ekonomi masyarakat bagi kesejahteraannya serta memperhatikan aktivitas masyarakat yang cenderung mulai pulih menuju New Normal (tatanan baru Covid19). maka dari itu Bupati Halut, menetapkan 4 Poin Kebijakan untuk menuju New Normal yang tertera dalam surat edaran No. 97/Satgas Covid19/halut, tertanggal 7 Juli 2020.

Surat edaran yang berisi 4 Poin Kebijakan Yaitu, setiap kegiatan dunia usaha (perdagangan/pasar/pertokoan/warung/entertainment) dapat berjalan sesuai regulasi/perizinan yang berlaku; kegiatan dunia usaha sebagaimana poin 1 dibuka pada jam 06:00 Wit sampai dengan jam 23:00 Wit pengawasan dilakukan oleh petugas keamanan PAM/GAKUM satgas Covid19 Halut, kegiatan dunia usaha tersebut tetap dilakukan dengan melaksanakan protokol kesehatan Covid19, ketidak patuhan terhadap poin 1- 3 dikenakan sanksi sesuai ketentuan/peraturan yang berlaku.

Himbauan/edaran bupati Halut ini tidak diindahkan oleh sebagian Pelaku usaha warung makan seperti yang terlihat di jalan masuk Pelabuhan Tobelo yang masih melakukan aktifitas sampai pada pukul 01:28 Wit.

Adi, pemilik warung makan (Barokha Pelabuhan Resto) mengatakan “kami membuka warung makan sampai jam ini (01:28) Karena tidak ada petugas patroli dari Satgas Covid19 yang melakukan Patroli”, ucapnya.

Damas pemilik warung makan (mekar dadi) juga mengatakan “kami akan menutup warung kami saat nanti ada kedatangan petugas patroli Covid19.” katanya.

Saat ditanya mengenai edaran Bupati yang di maksud, mereka mengaku belum menerima edaran atau informasi edaran itu. (A.Tjereni/03)

Editor : Onetria