Petahana Halmahera Selatan “Terancam”

498

BNI.id, (Halsel – Maluku Utara) – Jelang pendaftaran calon kepala daerah kabupaten Halmahera Selatan 2020, menghadirkan pertarungan sengit antara petahana Bahrain Kasuba dan Usman Sidik dalam perburuan partai pengusung. Usman Sidik kini telah mengantongi 6 partai politik yaitu PKS, PKB, PSI, Demokrat, PAN dan Golkar. Sementara petahana Bahrain Kasuba baru di dukung PKPI, Selasa (14/07/2020).

Baru dua bakal calon yang telah memenuhi syarat alokasi kursi pencalonan. Helmy Umar Muksin – La Ode Arfan, enam kursi (NasDem-Hanura) dan Usman Sidik – Hasan Ali Bassam Kasuba saat ini telah mengantongi 16 kursi dukungan yang terdiri dari 6 partai politik. Sementara petahana Bahrain Kasuba baru mengantongi 2 kursi dari PKPI.

Tersisa 3 parpol yang belum berkeputusan, Gerindra 3 kursi, PDIP 2 Kursi dan Berkarya 1 kursi, Nasib petahana bertarung pada pilkada ditentukan oleh dukungan Gerindra. Tim pemenangan dua kubu Usman dan Bahrain masing-masing mengklaim mendapat dukungan Gerindra.

Ketua tim pengarah dan strategis Usman-Bassam Dr. Muhammad Kasuba ditemui saat lounching logo Golkar, di desa Babang mengatakan bahwa setelah Golkar insya Allah menyusul PDIP dan Gerindra untuk mendukung Usman-Bassam.

Sementara itu di ketua DPD Gerindra Maluku Utara baru-baru ini dikonfirmasi Bedah Nusantara terkait dukungan Gerindra ke petahana Bahrain Kasuba mengatakan bahwa itu tidak benar, “itu hanya cerita mereka saja” ucapnya.

Hingga berita ini dimediakan partai Gerindra belum mengeluarkan keputusan final. Sumber media ini mengatakan bahwa Usman-Bassam sudah berkomunikasi jauh dan melibatkan elit bangsa untuk mendapatkan Gerindra, kalau tidak ada halangan dalam pekan ini Gerindra sudah mengeluarkan SK.B.I.KWK” ucapnya. (Isto/03)

Editor : Onetria