Satresnarkoba Polres Kepulauan Sangihe Ciduk Tiga Pemuda, Diduga Pengedar Obat Terlarang

22

BNI. Id, ( Manado – Sulut ) – Satuan Reserse Narkoba Polres Kepulauan telah berhasil menciduk tiga pemuda yang berinisial Ak, Ra dan Rp, Kasat Narkoba Iptu Juknais Katiandagho mengatakan, dimana tiga pemuda ini telah membawa dan menjemput barang bukti berupa Obat Trihexypheniyl dari KM Barcelona I.

Kasat Narkoba menjelaskan, dimana kronologi penangkapan ini terjadi di Pelabuhan Nusantara Tahuna tepat pada pukul 05.00 Wita, Anggota Satuan Reserse Narkoba sebelumnya telah melakukan penyelidikan terhadap target yang disinyalir merupakan pemakai obat terlarang, saat KM Barcelona I tiba, dua pemuda yakni, AK dan RA yang telah menjemput barang terlarang itu dari tangan RP, (9/7/2029).

“Setelah barang yang dititip itu diambil oleh, AK dan RA, kemudian dua pemuda ini turun dari kapal, Anggota Satresnarkoba bergegas menggerebek dua pemuda yang diduga membawa obat terlarang, alhasil dari penggerebekan itu telah ditemukan barang bukti berupa obat Trihexyphenidyl kurang lebih 1.400 butir, ” ucap Kasat Narkoba.

Lanjut, setelah dilakukan penyelidikan, obat tersebut dibawa oleh tersangka, RP dari Bitung ke Pelabuhan Manado dan langsung ke Sangihe, setelah dilakukan penyelidikan dan interogasi terhadap tersangka, ternyata pemilik dari barang itu lelaki inisial J yang saat ini berada di Lapas Bitung,” ujarnya.

Kemudian ketiga tersangka akan dikenakan UU 36 /2009 tentang kesehatan dengan pasal 196, 197 tentang izin edar dan pasal 64 tentang tenaga kesehatan. Dengan hukuman penjara maksimal 10 tahun dan denda sebesar Rp 1 miliar.

“Kasus ini akan dilakukan pengembangan oleh anggota di lapangan dan besar kemungkinan ada tersangka yang lain di luar sana dan mereka disinyalir merupakan pemain lama, karena logikanya tidak mungkin dari Bitung bisa sampai di Sangihe,” tutup Kasat Narkoba. (Theresia/06).

Editor : A. Nurul Falah.