KPU Halut Laksanakan Raker dan Bimtek PPK dan PPS Pilkada 2020

58

BNI.id (Halut – Maluku Utara) – KPU sebagai Lembaga penyelenggara Pemilu dan Pemilukada Halmahera Utara, melaksankan rapat kerja dan Bimbingan Teknis (Bimtek) serta persiapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih Tetap (DPT) oleh PPDP. yang diselenggarakan di Gedung Dian Vista, Minggu (12/07/2020).

Dalam Penyampaian Pemateri oleh Komisioner KPU, Ircham Paludu Puni, menegaskan kepada peserta Bimtek, agar bekerja dengan maksimal, profesional dan sedini mungkin meminimalisir permasalahan yang akan timbul dalam hal penetapan DPT.

Dari pantauan Bedah Nusantara saat berjalannya rapat terlihat masalah yang paling mendominasi dari beberapa pertanyaan peserta yang di pertanyakan adalah menyangkut dengan DPT dengan keberadaan pemilih itu sendiri. Namun, di jawab oleh Ircham, dengan Penjelasan yang sangat jelas dan tepat.

Ircham menambahkan lagi ketika di wawancarai oleh awak media, “Kegiatan ini untuk persiapan pemberian teknis secara berjenjang kepada PPK dan PPS pada tahapan pencocokan dan penelitian pada 15 Juli sampai 13 Agustus untuk memastikan pelaksanaan Coklit yang dilakukan oleh PPDP sesuai perintah PKPU no.19 Tahun 2019, meskipun ini msih tahapan persiapan namun ini menjadi Krusial dan strategis karena ketika tahapan pemutakhiran ini baik maka pada tantahapan-tahapan berikutnya pasti akan baik karena pada tahapan ini menentukan kita bagaimna melindungi Hak Pilih Masyarakat yang termasuk kategori yang memenuhi syarat dan tidak, disini bisa kita bedakan, lewat kegiatan Coklit door to door”, urainya.

Harapan kami, semua Bimtek sudah dilakukan sebelum tanggal 15 Juli ini seluruh PPDP siap menjalankan tugas melaksanakan pencocokan dan penelitian.

Namun demikian, pelaksanaan Coklit door to door ini kami akan tetap menjalankan protokol Kesehatan sesuai dengan Himbauan pemerintah, jadi petugas kami akan menggunakan kelengkapan APD saat melakukan Coklit door to door. Tegas Ircham. (A.Tjereni/03)

Editor : Onetria