Hujan Deras, Jalinsum Parapat Sumut Lumpuh Total di Terjang Longsor

41

BNI.id, (Kab, Simalungun – Sumut) -Derasnya hujan menyebabkan terjadinya tanah longsor di Jalan Jalinsum Parapat tepatnya 2 Km sebelum Kota Parapat, Sumatera Utara. Lalu lintas dari arah Pematang Siantar menuju Toba dan arah sebaliknya, dialihkan karena badan jalan tertutup material longsor yang menimpa badan jalan, Minggu (12/07/2020).

Telah terjadi longsor yang menimpa badan Jalan di Jalinsum Parapat tepatnya 2 km sebelum Parapat, yakni di Jalan Besar Lintas Sumatera Huta Sialan Nagori Sibaganding Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun,” ujar Agus.

Agus Waluyo mengatakan longsor terjadi sekira pukul 19.30 WIB malam hari. Tanah longsor terjadi setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras. Polres Simalungun beserta Polsek Parapat saat ini sedang Berupaya Untuk membersihkan Material Longsor yang Menimpa Badan Jalan.

Kapolres Simalungun menjelaskan Adapun cuaca di wilayah Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Hujan Deras sejak sore hari (11/07), sekira pukul 16.45 Wib hingga pada saat longsor terjadi.

Akibatnya juga berimbas ke arus lalu lintas di jalan raya. Apalagi, jalan tersebut merupakan jalan utama untuk kendaraan yang menghubungi Pematang Siantar ke Kabupaten Toba atau pun sebaliknya

Situasi Arus Lalu Lintas untuk sementara tidak dapat di lalui oleh Kendaraan bermotor berhubung Jalan tertutup oleh material longsor. Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo SIK juga sudah memerintahkan seluruh jajaran Polres Simalungun dan Polsek Parapat untuk mengalihkan arus lalu lintas.

Pihaknya sudah mendatangkan Alat Berat dan mulai melaksanakan pembersihan tanah yang menutupi badan jalan. Diperkirakan 2 jam ke depan arus lalu lintas sudah kembali normal”, pungkasnya.

Menurut Kasat Lantas AKP. Jodi Indrawan, S.I.K mengatakan pengaturan Arus Lalu Lintas dengan mengarahkan Putar Balik dari arah Pematang Siantar menuju arah ke Parapat maupun sebaliknya yang diakibatkan longsor yang memakan seluruh badan jalan serta melakukan Pengalihan Arus Lalu Lintas dari Pematang Siantar menuju Parapat via Simpang Palang Exit Sitahoan, selanjutnya dari Parapat dan Tobasa Menuju P. Siantar via Sitahoan Exit Simpang Palang.

Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo S.I.K memberikan himbauan kepada pengendara agar selalu hati-hati di Jalan dan Waspada Cuaca Extrem. Dari peristiwa bencana tersebut tidak ada korban jiwa dan kerugian material. (Dison/03)

Editor : Onetria