Pemkab Minahasa Tenggara Akan Kucurkan Dana Untuk KUBE

30

BNI.id, (Minahasa – Sulut) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Sosial dalam waktu dekat ini bakal memberikan bantuan ratusan juta rupiah Usaha Ekonomi Produktif (UEP) untuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Kepala Dinas Sosial Minahasa Tenggara Franky Wowor S.Sos mengatakan, bantuan ini merupakan kebijakan dari Bupati James Sumendap, dalam rangka penguatan ekonomi keluarga di masa pandemik COVID-19.

“Kalau daerah lain mungkin tidak ada penguatan ekonomi karena ini merupakan kebijakan dari Bupati James Sumendap. Ini diyakini bakal memberi dampak positif untuk meningkatkan ekonomi keluarga,” ungkap Frangky Wowor.

Ditambahkannya, kelompok tersebut nantinya diberikan kebebasan memilih usaha yang diinginkan.

Namun menurutnya, diusahakan agar untuk usaha yang dipilih tersebut dalam tiga bulan ke depan sudah bisa memberikan hasil.

“Satu Kelompok nantinya 10 orang. Satu kecamatan sekitar 2 atau 3 kelompok. Pastinya ini menguntungkan bagi keluarga, khususnya bagi masyarakat miskin dan berdampak COVID-19,” ujar mantan Kabag Humas dan Protokol ini.

Adapun total anggaran UEP KUBE ini sekitar 700 juta rupiah untuk 30 kelompok dan dana ini berasal dari dana COVID-19.

“Ini langsung dicairkan sekaligus, namun untuk penggunaannya, misalnya untuk beternak maka kami yang beli ternaknya, sekalian dengan beli pakan ternak,” jelas Frangky Wowor.

Sementara untuk setiap kelompok akan mendapatkan 15-20 juta rupiah, mengikuti standar bantuan kementerian untuk KUBE.

“Kalau sudah diberikan, mereka atau kelompok penerima harus memberi laporan secara rutin ke hukum tua dan diteruskan ke Dinas Sosial,” tutupnya.(Theresia/01).

Editor: Hunter