Korlantas Polri Sampaikan Pembuatan SIM International Bisa Dilakukan di Rumah

36

 

BNI.id, (Selayar, Sulsel) – Korlantas Polri sampaikan untuk memudahkan Masyarakat mendapatkan Surat Ijin Memgemudi (SIM) international, bisa dilakukan secara online, dirumah.

Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Kepulauan Selayar mensosialisasikan pembuatan SIM International, bahwa bisa dibuat dari rumah tanpa harus ke SATPAS SIM.

Hal ini disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Kep Selayar AKP. Andi Tanri Abeng, bahwa pembuatan SIM Internasional sekarang bisa dibuat secara online, di Mapolres, Selasa (7/7/2020).

Dijelaskan bahwa SIM online Internasional ini lebih mudah karena bisa registrasi di rumah atau ditempat kerja tanpa harus datang ke Polres apalagi saat ini situasi pandemi Virus Covid-19, yang membatasi jumlah orang berkumpul ”ungkapnya.

“bagi pemohon yang mengajukan pembuatan SIM Internasional bisa mengisi formulir di alamat sim korlantas.polri.go.id, setelah pemohon mengisi formulir selanjutnya melengkapi administrasi, foto, beberapa menit selesai”, jelas Kasat Lantar Polres Selayar, AKP. Andi Tanriabeng.

Adapun syarat bagi pemohon untuk bisa mendapatkan SIM internasional secara Online ini meliputi SIM asli, KTP asli, paspor, capture pendaftaran, bukti pembayaran, Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) khusus WNA.

pembuatan SIM internasional ini dikenakan biaya sebesar Rp 250.000. Sedangkan biaya perpanjangan SIM internasional sebesar Rp 225.000.

Setelah melakukan pengisian administrasi, pemohon kemudian datang di kantor korlantas guna mengirimkan / menyetor dokumen registrasi sekaligus foto SIM internasional.

Sementara jadwal pelayanan pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 WITA hingga 15.00 WITA.

“Dengan inovasi ini dipandang perlu untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan dan perpanjangan sim Internasional dan juga  memperkuat kelembagaan khususnya Korlantas ” jelas Tanri Abeng (rizal/04)

Editor : Syam Hunter